Cari Berita

Breaking News

Ari, Isbedy, Iin Isi Diskusi Buku Penyair Muda se Lampung di Kemah Sastra Sanggar Seni Gauri

Dibaca : 0
 
Selasa, 03 September 2024


INILAMPUNG.COM, Lampung Barat -- Ari Pahala Hutabarat, Isbedy Stiawan ZS, dan Iin Zakaria akan mengisi diskusi Buku Penyair Muda se Lampung di Pinus Eco Park Sumber Jaya, Lampung Barat, 7 September 2024.

Acara yang digelar Sanggar Seni Gauri ini dimulai pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

Dalam siaran persnya Selasa 3 September 2024, Dona Sabatina, panitia Kemah Sastra ini menjelaskan, Sanggar Gauri adalah komunitas terpilih yang ditunjuk oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menyelenggarakan kegiatan penguatan komunitas sastra di daerahnya. 

“Sanggar Seni Gauri menyelenggarakan kegiatan Seleksi Calon Penyair Muda Se-Provinsi Lampung. Kegiatan ini memiliki 3 rangkaian kegiatan; Seleksi Calon Penyair Muda Se-Provinsi Lampung, Kelas Penulisan Puisi Calon Penyair Muda Se-Provinsi Lampung dan Kemah Sastra Penyair Muda Se-Provinsi Lampung,” kata Dona.

Ditambahkannya, kegiatan ini telah berjalan sejak Juli 2024, dimulai dengan membuka Seleksi Calon Penyair Muda Se-Provinsi Lampung. Seleksi ini terbuka untuk Siswa tingkat SMA Se-Provinsi Lampung agar mengirimkan karya puisinya untuk dikurasi. 

“Tercatat 55 peserta yang tersebar di 11 Kabupaten mengumpulkan karyanya. Karya peserta dikurasi oleh para kurator; Isbedy Stiawan ZS, Iswadi Pratama dan Ari Pahala Hutabarat. Dari hasil kurasi terpilih 20 peserta dengan karya terbaik yang berhak mengikuti kegiatan selanjutnya,” jelasnya. 

Lalu pada  2-8 Agustus 2024, 20 Peserta terpilih mengikuti Kelas Penulisan Puisi Calon Penyair Muda Se-Provinsi Lampung di Sumber Jaya Lampung Barat. 

Mereka mendapatkan bimbingan menulis dari Ari Pahala Hutabarat, Isbedy Stiawan ZS, dan Iswadi Pratama, untuk menghasilkan karya puisi yang layak dibukukan. Hasil dari kelas ini, masing-masing peserta telah menghasilkan 3-5 puisi yang kemudian dibukukan dalam Antologi Puisi Menyingkap Kabut Kata.

Adapun Kemah Sastra Penyair Muda Se-Provinsi Lampung, imbuh juara 2 membawakan drama pendek FLS2N Tingkat Nasional di Semarang ini, merupakan puncak dari seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan. 

Pada Kemah Sastra ini terdapat beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Diskusi Buku, Peluncuran Buku Antologi Puisi dan Pertunjukan Musikalisasi Puisi. 

“Pada acara ini, kami kembali mengundang 20 peserta penyair muda, acara ini akan diselenggarakan pada 7 September 2024 di Pinus Eco Park Sumber Jaya, Lampung Barat,” ujarnya.

Dimulai dengan Diskusi Buku Antologi Puisi Menyingkap Kabut Kata bersama Ari Pahala Hutabarat, Isbedy Stiawan ZS, dan Iin Zakaria sebagai pembahas. 

Acara dilanjutkan pada Pkl 19.00-22.00 WIB dibuka dengan Peluncuran Buku Penyair Muda Se-Provinsi Lampung. Selanjutnya diisi dengan pembacaan puisi dan pertunjukan musikalisasi puisi untuk mengapresiasi puisi karya para peserta. 

“Harapannya dari kegiatan ini bisa menjadi pemicu lahirnya penyair-penyair hebat di Provinsi Lampung,” kata Dona Sabatina.(rls/bd/inilampung)

LIPSUS