Cari Berita

Breaking News

Wisatawan Asal Perancis yang Tenggelam di Pantai Pesisir Barat Ditemukan

Dibaca : 0
 
Senin, 29 Juli 2024

 Evakuasi jenazah wisatawan asing dari Perancis, Leo Bauthamy yang tenggelam di Pantai Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Foto. Eva.

INILAMPUNG, Pesisir Barat -- Wisatawan asal Perancis, Leo Bauthamy,  yang hilang di pantai Pesisir Barat, Provinsi Lampung, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, pada Senin, 29 Juli 2024 siang. 


Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra, melalui Kasihumas Ipda Kasiyono mengatakan, setelah dilakukan pencarian bersama masyarakat dan pihak terkait, jenazah wisatawan asing yang tenggelam pada Ahad, 28 Juli 2024, berhasil ditemukan.


Jenazah Leo Bauthamy ditemukan di Pantai Walur, Pekon Walur, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, pada hari Senin, 29 Juli 2024 sekitar pukul dua siang.


Jazanah korban langsung dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Pesisir Tengah untuk diidentifikasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui penyebab kematian korban.  


"Kami juga berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk bisa membantu komunikasi dengan keluarga. Agar memudahkan langkah selanjutnya terkait pemulangan jenazah dan untuk melengkapi administrasi lainnya yang diperlukan," katanya. 


Warga negara Perancis berusia 22 tahun itu, tenggelam pada Ahad, 28 Juli 2024, sekitar pukul 13.00 WIB. Leo keluar dari penginapannya di Villa Mios Bungalows dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat berwarna merah hitam. 


Dia membawa peralatan memanah dan menyelam, tetapi tidak membawa papan selancar. Sebelum berangkat, dia berpamitan dengan rekannya, Daniel Ari, dan mengatakan bahwa dia akan memanah ikan di daerah Pantai Walur.


Pada hari yang sama, sekitar pukul 19.00 WIB, Sepriadi melihat sepeda motor Honda Beat milik Leo terparkir di pinggir laut Pantai Walur tanpa pemilik. Karena khawatir, pada pukul 23.00 WIB, Sepriadi bersama Ardiyansah membawa sepeda motor tersebut ke penginapan Villa Mutun untuk diamankan karena takut hilang.


Polisi kemudian mendatangi lokasi dan mengumpulkan keterangan dari para saksi, serta berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Barat untuk melakukan pencarian di lokasi kejadian. 


Diketahui, Leo Bauthamy memiliki kondisi disleksia dan mengalami cedera pada paha, kemudian pada hati senin tanggal 29 Juli 2024 sekira pukul 14.02 wib korban ditemukan dalam keadaan meninggal kemudian di evakuasi oleh team ke puskesmas pesisir tengah untuk di identifikasi. (eva)

LIPSUS