Cari Berita

Breaking News

Kolaborasi ISI Yogyakarta dan Srinakharinwirot University Pentaskan Tari

Dibaca : 0
 
Jumat, 26 Juli 2024


INILAMPUNG.COM, Yogyakarta -- ISI Yogyakarta melalui Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa, Srinakharinwirot University bekerjasama menggelar Pertunjukan Tari Kolaborasi pada 25 Juli 2024, Di Asok-Montri Music and Performing Arts Hall, Srinakarinwirot University, pukul 17.00 waktu Thailand. Pertunjukan kolaborasi ini menampilkan tari  selamat datang yang dibawakan dan diiringi karawitan dari mahasiswa Srinakharinwirot University, sedangkan mahasiswa dan dosen ISI Yogyakarta menampilkan tari topeng panji dengan tajuk “Klana Sewandana Lena”. Pentas ini disaksikan oleh sivitas akademika Srinakharinwirot University, tamu undangan dan Staf Kedutaan Besar Republik Indonesia di Bangkok.

Pertunjukan tari kolaborasi ini merupakan hasil akhir dari Workshop on Thai & Indonesia Dance and Music yang diselenggarakan ke dua perguruan tinggi. Sivitas akademika dua perguruan tinggi saling berbagi pengetahuan dan keterampilan terkait tari dan musik tradisi yang dimiliki masing-masing negera. Dosen-dosen ISI Yogyakarta mengajarkan bagaimana memainkan gamelan dan mengajarkan tari gaya Yogyakarta kepada sivitas akademika Srinakarinwirot University. Dosen-dosen ISI Yogyakarta juga memperoleh pengetahuan baru karena diberikan kesempatan belajar tari tradisi thailand, tari Mae Bot Lek dan belajar memainkan alat musik tradisi thailand. 

Menurut M. Heni Winahyuningsih, M.Hum. selaku pengajar workshop dan Pembantu Dekan I, Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta “Dengan pelaksanaan kolaborasi ini kami belajar tari dan musik thailand, dan yang paling membanggakan pengajar workshop tari tradisi thailand, Raden Oky Bima Reza Afrita, S.Sn., M.A. adalah alumni ISI Yogyakarta yang saat ini menjadi tenaga pengajar di Srinakarinwirot University”. Dengan keberadaan alumni sebagai tenaga pengajar di Srinakarinwirot University diharapkan memperkuat kerjasama yang telah dilakukan kedua perguruan tinggi. 

Srinakharinwirot University  merupakan salah satu mitra strategis ISI Yogyakarta. Kedua perguruan tinggi telah memiliki sejarah panjang dalam berkolaborasi sehingga mampu menyelenggarakan berbagai kegiatan bersama. Pentas dan workshop diselenggarakan sebagai bentuk implementasi MoU yang telah ditandatangani kedua pimpinan perguruan tinggi. Melalui aktivitas bersama mitra perguruan tinggi internasional diharapkan mampu meningkat nalai IKU 6 ISI Yogyakarta serta mampu memperbaikan peringkat FSP ISI Yogyakarta di QS World by Subject Performing Arts.(bd/inilampung)


LIPSUS