Cari Berita

Breaking News

Golkar Umumkan 10 Nama Calon Gubernur dan Wakil Gubernurnya. Lampung (?)

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Jumat, 19 Juli 2024


INILAMPUNGCOM -- Sekertaris Jenderal DPP Partai Golkar H. Lodewijk F. Paulus telah mengumumkan 10 nama bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung Golkar dalam Pilkada 2024.

"Partai Golkar sampai saat ini telah mengeluarkan 10 surat keputusan untuk pasangan calon kepala daerah, gubernur, maupun wakil gubernur," kata Lodewijk F. Paulus, dalam keterangan resmi di Kantor DPP Golkar, Kamis (18/7).

Hadir dalam jumpa pers, Wakil Ketua Umum Ahmad Doli Kurnia Tanjung,  Boby, dan sejumlah pengurus lain.

Sementara untuk posisi calon bupati dan wakil, masih kata Lodewijk F. Paulus, statusnya masih berupa instruksi atau penugasan. 

Jumlahnya ada 21 surat keputusan terkait dengan bakal calon wali kota, wakil wali kota, kemudian bupati dan wakil bupati se Indonesia.

Lodewijk mengatakan proses yang akan dilalui calon kepala daerah  berlangsung cepat. Ia pun berharap Partai Golkar bisa memenuhi syarat di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota sebelum waktu pendaftaran.
 
"Karena ada tujuh kabupaten/kota di DKI tidak ikut pilkada. Kemudian satu provinsi DIY tidak ikut pilkada. Jadi hanya 37 dan itu terus bergulir," sambungnya.
 
Golkar pun menargetkan suara sebesar 60 persen dalam Pilkada 2024 yang akan datang. Sebab Lodewijk menilai partainya dapat memenuhi target itu dari evaluasi Pilpres dan Pilkada beberapa waktu lalu.
 
"Dengan melihat evaluasi pilpres dan pileg lalu, Partai Golkar itu Insyaallah akan memenuhi target kita yaitu 60 persen. Karena pilkada terakhir tahun 2020, target kita sama 60 persen tetapi yg kita dapat waktu itu adalah 61,11 persen," tuturnya.
 
Berikut nama-nama yang sudah diberikan Surat Keputusan oleh Partai Golkar:
 
1. Sumatera Utara: M Bobby Afif Nasution-Surya
 
2. ⁠Riau: Syamsuar-Mawardi
 
3. ⁠Bengkulu: Rohidin Mersyah-Meriani
 
4. ⁠Kalimantan Timur: Rudy Mas'ud-Seno Aji
 
5. ⁠Kalimantan Selatan: Raudatul Jannah-Akhmad Rozanie Himawan
 
6. ⁠Kalimantan Barat: Sutarmidji-Ria Norsan
 
7. ⁠Kalimantan Utara: Zainal Arifin Paliwang-Ingkong Ala
 
8. ⁠Papua Pegunungan: John Tabo-Ones Pahabol
 
9. ⁠Papua Barat Daya: Lambertus Jitmau-Samsudin Anggalilu
 
10. Jawa Timur: Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak


Lodewijk yang merupakan wakil ketua DPRD RI itu mengatakan, Golkar masih mencari figur yang tepat di 27 provinsi lainnya untuk diusung sebagai calon gubernur dan wakil gubernur. 

Selanjutnya, surat keputusan Partai Golkar terhadap sepuluh provinsi itu sudah bersifat final dan mengikat. “Dan itu menjadi persyaratan untuk diajukan ke KPU setempat,” kata anggota DPR RI asal Lampung itu. (BI)

LIPSUS