Cari Berita

Breaking News

Pringsewu Resmikan Gerakan Intervensi Serentah Cegah Stunting

Dibaca : 0
 
Selasa, 04 Juni 2024

 Dinas P3AP2KB Kabupaten Prinsewu meresmikan gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting. Foto. Tyo.

INILAMPUNG, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu menggelar rapat koordinasi stunting. Sekaligus meresmikan Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting, Selasa 4 Juni 2024. 


Peresmian ditandai dengan pemukulan gong oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Hipni. Kegiatan ini diinisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga (P3AP2KB) Kabupaten Pringsewu. Diikuti 110 peserta secara offline dan 1.318 secara online 


Plh Kadis P3AP2KB Kabupaten Pringsewu Nuriyanto mengatakan, agenda tersebut digelar menindak lanjuti menindak lanjuti Peraturan BKKBN No. 14 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Keluarga Berencana Tahun Anggaran 2024 mengamanahkan untuk dilaksanakan Rapat Koordinasi Stunting Tingkat Kabupaten per tri wulan.


Juga adanya Surat Edaran Gurbernur Lampung Nomor : 400.7.14/2091/VI.01/2024 tanggal 30 Mei 2024 Tentang Pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting di Daerah."Serta bertujuan meningkatkan komitmen dan koordinasi antar pemangku kepentingan dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Pringsewu,"ujar Nuriyanto.


Sementara Staf Ahli Bupati bidang pemerintahan, hukum dan politik Hipni saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, tujuan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024, adalah memastikan penurunan stunting di Indonesia mencapai target 14 persen. Yakni dengan akselerasi jangka pendek karena di bulan Oktober 2024 nanti di Kabupaten Pringsewu juga mencapai target 14 persen.


Menurutnya, mengakurasi angka stunting di Indonesia yang sebelumnya diukur berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI). Pengukuran ulang tersebut perlu dilakukan, lantaran usul dari sejumlah Kepala Daerah adanya perbedaan data antara data Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM) dan SKI.


Disisi lain Hipni berpesan kepada setiap posyandu agar menyiapkan alat ukur, melatih kader, dan memastikan cakupan kehadiran di posyandu saat pelaksanaan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting  pada 7 hingga 9 Juni 2024 mendatang. "Serta akan dilaksanakan Pencanangan serentak Provinsi Lampung pada10 Juni 2024 yang berlokasi di Kota Metro,"imbuhnya. (tyo)

LIPSUS