Cari Berita

Breaking News

Pj Gubernur Sumsel Agus Digantikan

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Sabtu, 22 Juni 2024

INILAMPUNGCOM -- Rolling pejabat terjadi tak hanya dilevel Kadis. Tapi, berlaku untuk posisi Pj. Gubernur.

Presiden RI Joko Widodo menggeser Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah,  Agus Fatoni  -- yang selama ini lengkap Pj Gubernur Sumsel -- sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara.

Sebelumnya, Agus Fathoni, adalah Pj Gubernur Sumatera Selatan.

Posisi Gubernur Sumsel akan diisi oleh Staf Ahli Bidang Regulasi, Penegakan Hukum, dan Ketahanan Ekonomi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Elen Setiadi.

Sebelum, Elen Setiadi dipercaya sebagai Komisaris PT KAI, dan sudah beberapa kali diangkat sebagai Komisaris di beberapa BUMN.

Pelantikan bertempat di Sasana Bhakti Praja Gedung C Lantai 3 Kemendagri, Senin (24/6) pukul 15.30 WIB. 

Karo Pemerintahan dan Otda Pemprov Sumsel Dr Sri Sulastri membenarkan akan adanya pelantikan Pj Gubernur Sumselyang baru menggantikan Pj Gubernur Agus Fatoni. 

Siapa Agus Fatoni 
 Nama Agus Fatoni tak asing di Lampung. Dia merupakan putra Lampung, tepatnya Bahuga Lampung Barat. 

Agus pernah meniti karir sebagai ajudan Gubernur Poedjono Pranyoto.

Dia, pekan depan akan menggantikan Hassanudin sebagai Pj Gubernur Sumut. 

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Pj Gubernur Sumsel sejak Oktober 2023 lalu.

Dikutip dari laman resmi Pemprov Sumsel, Agus Fatoni lahir di Bahuga, Way Kanan Lampung pada 6 Juni 1972. Ia menimba ilmu mulai SD hingga SMA di Bandar Lampung.

Kemudian pada tahun 1994, ia menempuh D3 di STPDN Jatinangor pada tahun 1994. Ia kemudian melanjukan pendidikan S1 di Institut Ilmu Pemerintahan Jakarta tahun 1999.

Selanjutnya, ia kembali menempuh pendidikan S2 dan S3 di jurusan Ilmu Pemerintahan Unpad pada tahun 2003 dan 2009.

Agus memiliki perjalanan karier yang cukup panjang. Berawal dari menjadi PNS Pusat pada kantor PMD Prov Dati I Lampung pada tahun 1994 dan kemudian menjadi ajudan Gubernur Lampung pada tahun 1995.

Kemudian, Agus juga pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Protokol Kemendagri pada tahun 2012, Kepala Staf Pribadi Dalam Negeri pada tahun 2013.

Perjalanan karier Agus berlanjut dengan menjadi Pjs Gubernur Sulawesi Utara pada tahun 2020, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri pada tahun 2022, dan menjadi Pj Gubernur Sumatera Selatan pada Oktober 2023.

Agus Fatoni memiliki prestasi cemerlang selama perjalanan pendidikan dan kariernya. Ia pernah mendapat predikat Mahasiswa Teladan Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Depdagri 1999, kemudian Prestasi Istimewa Lulusan Terbaik Diklatpim Nasional Tingkat II Tahun 2019. (*)


LIPSUS