Cari Berita

Breaking News

Jokowi Bocorkan Alasan Harus Hadiri Pembukaan Munas IMM

Dibaca : 0
 
INILAMPUNG
Sabtu, 02 Maret 2024

 


Jokowi dan Ketua Pelaksana Mukmatar IMM Baikuni Alshafa (dok)


INILAMPUNGCOM - Presiden Jokowi mengaku diundang secara mendadak untuk mengadiri pembukaan Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ke-XX di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (1/3) malam.


Undangan itu, cerita Jokowi baru diterima olehnya pada Senin lalu. Saat itu, adalah Ketua Umum DPP IMM Abdul Musawir Yahya bersama panitia yang mengantar langsung ke Istana.


"Saya pikir hanya ingin menyampaikan uneg-uneg apa, ternyata mengundang saya untuk datang ke Muktamar. Itu Mendadak sekali namanya," ucap Jokowi, dengan mengernyitkan keningnya, disambut tawa dan tepuk tangan hadirin.


Padahal, agenda presiden pada pekan ini sudah padat dan dijadwalkan jauh hari sebelumnya. Jokowi merinci, pada hari Rabu, ia sudah diagendakan ke Samarinda. Lalu, Kamisnya ke Bontang dan kemarin sore sampe ke IKN.


"Tadi pagi ada 7 kegiatan di IKN di Kalimantan Timur. Sehingga mengaturnya sangat sulit sekali. Dan baru sampe Palembang itu setengah enam, sore tadi. Terbang langsung dari IKN dengan heli, ganti pesawat di Balikpapan. Bayangkan," lanjutnya, sontak hadirin kembali tertawa.


"Pesan saya, kalau ngundang jangan mendadak," sambungnya.


Lalu, Jokowi menyampaikan alasannya bela-belain ke Palembang menghadiri pembukaan Muktamar IMM XX, meskipun di tengah jadwal yang padat.


"Kenapa saya capek-capek datang ke Palembang ini? Karena IMM itu adalah organisasi penting dan acara Muktamar juga sangat penting," terangnya.


Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengapresiasi peran aktif kader IMM dalam menjalankan agenda kebangsaan.


"Termasuk penyelenggaraan pemilu kemarin yang pemilihnya didominasi oleh generasi muda, hitungan kita kurang lebih 56 persen atau 113 juta pemilih," tandasnya.



20 Juta Angkatan Muda Untuk Freeport

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan smelter PT Freeport Indonesia yang berlokasi di Gresik akan rampung pada Juni 2024.


Dia menuturkan industri pengolahan tembaga ini nantinya akan merekrut 20 ribu anak-anak muda Indonesia untuk bekerja.


"Insya Allah nanti di bulan Juni pada tahun ini industri smelter PT Freeport yang akan mengolah tembaga dan mungkin juga ada emasnya berton-ton akan mulai beroperasi dan akan merekrut anak-anak muda kita," kata Jokowi saat membuka Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) XX di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (1/3/2024).


"Mungkin lebih dari 15 ribu atau 20 ribu untuk bekerja di sana," sambungnya.


Menurut dia, beroperasinya smelter PT Freeport ini akan memberikan sejumlah keuntungan bagi Indonesia. Dengan hilirasasi ini, negara akan mendapatkan nilai tambah yang besar dari pajak maupun dividen.


Jokowi menyampaikan bahwa selama 55 tahun tembaga yang merupakan sumber daya alam Indonesia diekspor dalam bentuk mentah oleh PT Freeport. Untuk itu, Jokowi memaksa PT Freeport membangun industri smelter tembaga di Gresik.


"Bayangkan 55 tahun, dan kita tidak tahu apakah yang diekspor itu hanya tembaga atau ada emasnya. Oleh sebab itu, 9 tahun yang lalu saya paksa untuk mereka mau membangun yang namanya industri smelter," tuturnya.  (dbs/inilampung/*)


rm.id

LIPSUS