Cari Berita

Breaking News

Salam Pemasyarakatan: Cara Jitu Mendengarkan Keluhan Warga Binaan di Rutan Sukadana

Dibaca : 0
 
Selasa, 16 Januari 2024



INILAMPUNG, Lampung Timur - Petugas Rutan Kelas IIB Sukadana mengadakan kegiatan Salam Pemasyarakatan untuk melakukan deteksi dini, menjaga keamanan, ketertiban, dan mendengar keluhan Warga Binaan pada Selasa (16/1/2024).

Kegiatan ini merupakan konseling yang dilakukan oleh petugas pemasyarakatan untuk membangun hubungan positif dengan Warga Binaan.

Kepala Rutan Kelas IIB Sukadana, Abdul Aziz, menjelaskan bahwa Salam Pemasyarakatan bertujuan membaca keadaan warga binaan untuk memastikan program pembinaan berjalan dengan baik.

"Ini juga menjadi sarana deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban, di mana keluhan Warga Binaan akan ditindaklanjuti untuk mencari solusi terbaik," ujar Karutan didampingi oleh Kepala KPR, Abi Aufa Al Qohhar, Kasubsi Pelayanan Tahanan, Romzi.

Karutan menekankan bahwa konseling yang baik melibatkan eksplorasi, penangkapan pesan utama, dan pemberian empati kepada Warga Binaan.

"Kunci utamanya adalah mendengarkan dan menjembatani permasalahan Warga Binaan sehingga solusi dapat ditemukan," ungkapnya.

Karutan menambahkan, bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh petugas jaga, termasuk pejabat struktural, yang bergantian menyambangi kamar hunian untuk mendeteksi masalah sekecil apapun.

"Ini bertujuan untuk mencapai hasil optimal dalam program Salam Pemasyarakatan," katanya.

LIPSUS