Altar Simbur Cahaya Ponpes Al Ittifaqiah Diresmikan

0
153

INILAMPUNG.Com – Pondok Pesantren Al-Ittifaqiah, Ogan Ilir, Sumatera Selatan kini sudah memiliki panggung pertunjukan seni yang diberi nama Altar Simbur Cahaya.

Altar untuk kreasi berbagai seni islami itu, juga diperuntukkan para santri melakukan hafalan Alquran. Peresmian dilakukan pimpinan Ponpes Al-Ittifaqah Kiyai Mudrik Qori, Senin (13/11) tadi malam.

Pada kesempatan itu, Mudrik Qori mengatakan bahwa dengan diresmikan Altar Simbur Cahaya diharapkan akan lahir para sastrawan muslim yang berdakwah melalui tulisan-tulisannya.

Kiyai Mudrik Cori menyerahkan cinderamata kepada Isbedy Stiawan ZS usai dialog sastra

Sebab, lanjut dia, sejak masa Rasulullah para penyair turut membela Islam dan berdakwah melalui karya-karyanya.

“Dari altar ini kita mengharapkan lahirnya para penulis puisi, cerpen, ataupun novel,” kata Kiyai Mudrik seperti disampaikan Mulya Putra Baf melalui telepon selular, Selasa (14/11) pagi.

Dijelaskan Mulya, pada peresmian altar itu dilaksanakan pula pentas puisi, nasyid, dan dialog sastra oleh penyair Isbedy Stiawan ZS dan Naim Emel Prahana.

Seniman asal Metro dan sepuh Ponpes Al-Ittifaqiah Mulya Putra bersama santriwati yang memegang buku puisi Isbedy Stiawaq

“Juara I Lomba Baca Puisi juga turut membacakan puisi yang disaksikan lebih dari seribu santri dan ustad,” lanjutnya

Para pemenang lomba baca puisi dengan juri Naim Emel Prahana, Isbedy Stiawan ZS, dan Mulya Putra adalah  untuk putra Juara 1 yakni M. Aulia Aziz, Juara 2 Salman Al Fansuri, Juara 3 Jimmy Stenly, Juara 4 M. Ibnu Seda.

Sementara kelompok putri, yakni Juara 1 Leli Fitriana, Juara 2 Syahifa, Juara 3 Elen, Juara 4 Bella.

Ke depan, para ustad berharap kegiatan ini berlanjut. Selain itu pelatihan menulis karya sastra. Hal itu juga ditegaskan Kiyai Mudrik. “Kalau mungkin kegiatan seperti ini setahun dua atau tiga kali,” janji Kiyai Mudrik Qori. (@ibe/ILc-3)

 

LEAVE A REPLY