{{ message }}

Pemkab Ajak HNSI Memajukan Nelayan Pesisir Barat

Rabu, 9 Oktober 2019 - 11:39:21 AM | 219 | Bisnis

Pemkab Ajak HNSI Memajukan Nelayan Pesisir Barat
Muscab I HNSI Pesisir Barat. Foto. Ina.

INILAMPUNG.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) mengharapkan Himpunan Nelayanan Seluruh Indonesia (HNSI) dapat bersinergi dengan pemerintah membangun nelayan yang kuat, mandiri, dan sejahtera.

Harapan itu disampaikan Bupati Agus Istiqlal membuka Musyawarah Cabang (Muscab) I HNSI Pesibar di Sartika Guesthouse Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (9-10-2019).

Agus kemudian mengungkapkan potensi perikanan di Pesisir Barat. Mulai dari Kecamatan Bangkunat hingga Lemong terhampar wilayah perairan mencapai 210 KM dengan jumlah nelayan sekitar 1500 nelayan.

"Dari jumlah tersebut sebagian besar potensi perikanan belum dikelola secara maksimal dan masih mengandalkan nelayan tradisional," kata dia.

Atas dasar itu, Agus mengajak semua pihak agar bisa bersinergi, satu gerakan, satu tujuan dan satu pemahaman. "Keinginannya tidak lain agar Pesibar lebih maju dan sejahtera. Cita cita besar tersebut akan mudah kita capai, jika di antara bisa seiring dan sejalan," katanya.

Pemkab Pesibar menyambut baik terbentuknya HNSI Pesibar, dengan harapan bisa mempermudah upaya Pemkab Pesibar dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan se-Pesibar.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Piminan Daerah (DPD) HNSI Provinsi Lampung, Bayu Witara, mengatakan HNSI merupakan wadah nelayan yang sudah ada sejak 1973. "HNSI juga menjadi sarana advokasi para nelayan," jelasnya.

Hingga saat ini, masih banyak hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan nelayan yang belum tercover oleh pemerintah. HNSI diharapkan dapat berperan penyampai aspirasi nelayan.

Tampak hadir, Plt. Ketua DPC HNSI Pesibar, Agus Eduar, Kasatpolair Polres Lampung Barat (Lambar), AKP. Heri Oktarino, Kepala Dinas Perikanan, Armen Qodar, dan perwakilan nelayan se-Pesibar. (ina).




Terpopuler