{{ message }}

Kampanye Keselamatan Jalan di Pringsewu Berlangsung Meriah

Minggu, 29 September 2019 - 03:15:01 AM | 278 | Travelling

Kampanye Keselamatan Jalan di Pringsewu Berlangsung Meriah
Dirjen Hubdar Kemenhub Budi Setiadi Kampanye Keselamatan Jalan di Pringsewu. Foto. Furqon

INILAMPUNG.com - Ratusan warga memeriahkan Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2019 yang berlangsung di kawasan wisata kuliner Nggruput di Kabupaten Pringsewu pada Ahad pagi (29-9-2019).

Pekan Nasional Keselmatan ini digelar Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), bekerja sama dengan Pemkab Pringsewu.

Kegiatan bertajuk Kampanye Keselamatan Jalan ini dikemas dalam bentuk kegiatan olahraga bersepeda, senam massal, dan lomba mewarnai.

BACA JUGA:

Dirjen Hubdar Kemenhub Budi Setiyadi melepas olahraga bersepeda di rest area (tempat istirahat/singgah) Tugu Bambu. Diikuti ratusan peserta: komunitas pecinta sepeda ontel, masyarakat umum, dan jajaran Pemkab Pringsewu.

Dari Tugu Bambu, peserta bergerak menuju garis finish di lokasi wisata kuliner Nggruput --di jalur dua menuju kompleks perkantoran Pemkab Pringsewu, yang menjadi lokasi pelaksanaan agenda utama Kampanye Keselamatan Jalan 2019.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Bupati Pringsewu Sujadi dan Wakil Bupati Fauzi.

Dirjen Hubdar Budi Setiyadi mengatakan, program Pekan Nasional Keselamatan Jalan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tertib berlalu lintas.

BACA JUGA:

Budi menyebut angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih tinggi. Sebagian besar disebabkan faktor kelalaian. "Setiap hari tiga sampai empat orang di Indonesia meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan. Ini harus diketahui masyarakat luas agar berhati-hati saat berkendara di jalan raya," ujarnya.

Kampanye keselamatan jalan ini, salah satu usaha menumbuhkan kesadaran kolektif masyarakat untuk mengutamakan keselamatan dengan lebih mematuhi aturan lalu lintas, kata Budi Setiyadi.

Dirjen Hubdar juga mengapresiasi agenda Nggruput di Kabupaten Pringsewu yang dilaksanakan setiap hari Minggu pagi.

Nggruput merupakan even olah raga pagi, sekaligus wisata kuliner yang diprakarsai komunitas Pemuda Pringsewu.

"Nggruput ini bagus sekali sebagai ajang mempererat silaturahmi masyarakat dan jajaran pemerintah. Nggruput ini menjadi sarana pemerintah menyampaikan pesan-pesan pembangunan pada masyarakat. Ini menjadi salah satu dasar kami memilih Pringsewu sebagai lokasi pelaksanaan Pekan Nasional Keselamatan Jalan," terangnya.

Selain sepeda santai, rangkain kegiatan turut digelar untuk memeriahkan Kampanye Nasional Keselamatan Jalan, antara lain: senam jantung sehat, lomba mewarnai, atraksi keterampilan baris-berbaris Satuan Polisi Cilik.

Panitia menyediakan beragam hadiah menarik dalam kegiatna ini. Antara lain sepeda motor listrik, sepeda, dan sejumlah peralaan elektronik. (red)

 



Terpopuler