{{ message }}

Satu Tahun Pasar Nggrudhug, Pengunjungnya Semakin Ramai

Minggu, 4 Agustus 2019 - 05:54:45 AM | 270 | Travelling

Satu Tahun Pasar Nggrudhug, Pengunjungnya Semakin Ramai
Pasar Kuliner Nggrudhug di Kecamatan Ambarawa. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.com - Pasar kuliner Nggrudhug yang ada di Pekon Ambarawa Timur, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, kini berusia setahun.

Tempat wisata kuliner yang hanya buka setiap Minggu pagi itu "hanya" memanfaatkan badan jalan di antara pematang sawah dan berdekatan dengan obyke wisata mata air Kerawang.

Memperingati ulang tahunnya yang ke-1, pengelola Pasar Nggrudhug, pada Ahad (4/8/2019), menggelar berbagai kegiatan, seperti jalan sehat dan senam bersama, dengan tema Semarak Nggrudhug Squad.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi yang melepas semarak jalan sehat dengan peserta lebih dari seribu dari unsur pelajar, ormas, kelompok lansia dan masyarakat.

Fauzi mengapresiasi kepada pengelola Nggrudhug, aparat kecamatan dan perangkat pekon yang telah menggelar jalan sehat serta senam pagi bagi lansia dan masyarakat.

Menurutnya, kegiatan itu sangat efektif untuk mengajak masyarakat terutama kaum lansia untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga kendatipun usia sudah tua.

"Olahraga itu sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh, sehingga tetap sehat. Kegiatan senam pagi lansia ini juga menjadi sarana mempererat silaturhami warga," kata wabup.

Fauzi menuturkan, selain tetap menyehatkan dan memberi kebugaran tubuh kususnya kepada peserta lansia, juga lebih menghidupkan wisata kuliner 'Nggrudhug' yang menyajikan anekan makan-minun dan jajanan tradisional.

Bahkan kini pasar Nggrudhug sudah berusia setahun, semoga terus berlanjut dan semakin ramai pengunjungnya."Jika ramai maka atomatis dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Artinya sambil berolah-raga juga berbelanja kuliner,"ungkap Fauzi.

Sementara ketua kegiatan Agestian Novriansyah didampingi Kepala Pekon Ambarawa Timur Rokhmad mengatakan, pada momen ini pihaknya sengaja menggelar jalan sehat dan senam bersama sekaligus menyambut dan meramaikan HUT RI ke-74.

Disisi lain dia mengungkapkan sejarah pembuatan pasar kuliner Nggrudhug itu, idenya karena melihat kesukseskan Pasar Kuliner Nggruput yang juga buka setiap Minggu pagi di jalan dua jalur menuju kompleks kantor Pemkab Pringsewu.

Kini di lokasi Nggrudhug sudah lebih 50 pedagang baik makanan dan minuman tradisional, bahkan ada lapak perpustakaan gratis.

Menurutnya Agestian, lokasi iti selain untuk olah raga pagi hari juga ajang wisata kuliner yang intinya membantu menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat Ambarawa kususnya."Terpenting lagi keberadaan Pasar Nggrudhug bisa menjadi sarana interaksi dan silaturahmi antar warga demi memperkuat persatuan dan kesatuan. Sekaligus daya tarik wisata.

"Semoga pasar Nggrudhug semakin maju dan berkembang lagi sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pringsewu,"imbuh Agestian Novriansyah.

Nampak hadir, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Samsir Kasyim, Camat Ambarawa Moudy Ary Nazzola dan Kepala Pekon Ambarawa Timur Rokhmad. (tyo)



Terpopuler