{{ message }}

Kemeriahan Kemerdekaan, Pesta Rakyat di Perairan Laut Kuala Stabas

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 07:53:00 AM | 325 | Travelling

Kemeriahan Kemerdekaan, Pesta Rakyat di Perairan Laut Kuala Stabas
Perairan laut Kuala Stabas, Pesisir Barat. Foto. Ina.
INILAMPUNG, Krui - Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia bukan hanya terlihat di darat, tetapi di laut juga tidak kalah meriah.

Setidaknya, hal itu terjadi di Kabupaten Pesisir Barat pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Masyarakat nelayan bersama Dinas Perikanan setempat menggelar pesta rakyat dengan berbagai lomba di perairan laut Pelabuhan Kuala Stabas.

Para nelayan tampak antusias mengikuti berbagai lomba. Perairan laut di Pelabuhan Kuala Stabas, terlihat meriah dengan lomba perahu hias, lomba renang, lomba pukat, sampan dayung dan sampan kano.

Pesta Hari Kemerdekaan Indonesia itu dihadiri Bupati Agus Istiqlal dan Wakil Bupati Erlina, serta para pejabat dan masyarakat sekitar lokasi.

Tokoh masyarakat nelayan yang juga anggota DPRD Pesisir Barat, Aris Ikhwanda menyampaikan kegiatan untuk memeriahkan HUT RI itu sudah menjadi agenda rutin tahunan masyarakat nelayan di Kabupaten Pesisir Barat.

"Kami sebagai nelayan, bersyukur bisa hidup di Krui, Pesisir Barat, yang sangat banyak memiliki potensi khususnya di laut. Ikan yang banyak, jenis yang berkelas semua ada di Krui ini, " jelas yang akrab disapa Dang Mek itu.

Kepala Dinas Perikanan, Armen Qodar mengatakan kegiatan memeriahkan HUT RI di Kabupaten Pesisir Barat, ini hasil kerja sama seluruh dinas instansi dan masyarakat nelayan Kuala Stabas.

"Ada enam cabang lomba air ini, yakni lomba perahu hias, lomba renang, lomba pukat, sampan dayung dan sampan kano," singkatnya.

Bupati Agus Istiqlal menyambut baik kegiatan tersebut, sebagai bentuk nasionalisme terhadap kabupaten Pesisir Barat.

"Sebagai warga negara yang baik dituntut untuk terus bekerja keras dalam membangun bangsa dan negara ini, jaga laut kita dengan motto, satu laut sejuta manfaat, " pungkas Agus.

Sementara di Lapangan Merdeka Labuhanjukung, Krui, berlangsung upacara HUT ke-74 RI yang dimeriahkan pertunjukan drama tari massal oleh Sanggar Seni Teluk Stabas.

Upacara dipimpin Bupati Agus Istiqlal dan Wakil Bupati Erlina, serta dihadiri para pejabat, pegawai negeri, camat, peratin, tokoh masyarakat, serta para pelajar se-Pesisir Barat. (ina)



Terpopuler