{{ message }}

Dua Anggota Pramuka Brajaselabah Jadi Kontingen Pelantara 2019

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 06:34:17 AM | 474 | Pendidikan

Dua Anggota Pramuka Brajaselabah Jadi Kontingen Pelantara 2019
Genta Abimanyu Pamungkas, Wahulil Jannah, dan Pelda Panca Arum Taruna. Foto. Ist.

INILAMPUNG, Brajaselebah - Dua anggota pramuka dari Kecamatan Brajaselebah, Kabupaten Lampung Timur, terpilih menjadi anggota kontingen Pelayaran Lingkar Nusantara (Jelantara) 2019.

Kedua anggota pramuka itu, Genta Abimanyu Pamungkas dan Wahulil Jannah, keduanya siswa SMA Muhammadiyah, Brajaharjosari, Kecamatan Brajaselebah.

"Genta dan Wahulil akan bergabung dengan 30 anak asal Lampung yang terpilh menjadi kontengen Jelantara 2019," ujar Ketua Kwartir Ranting (Kwaran) Gerakan Pramuka Brajaselebah, Suradi, Jumat (16-8-2019).


Keduanya terpilih setelah melalui seleksi yang ketat di Sanggar Saka Bahari Kuala Penet, Lampung Timur. Secara simbolis keberangkatan mereka dilepas Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari pada Hari Pramuka di Brajagemiling, Brajaselebah, pada 15 Agustus 2019.

Selain itu, menurut Suradi, pembina pendamping (bindamping) Jelantra Kontingen Lampung juga berasal dari Lampung Timur yaitu Pelda Panca Arum Taruna yang kini Komandan Pos Angkatan Laut (AL) di Kuala Penet.

Dijelaskan, Pelayaran Lingkar Nusantara ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Saka Bahari bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut.

Kegiatan diisi dengan berbagai perlombaan dan pengenalan budaya. Selain itu, juga sebagai pembekalan kebaharian bagi generasi muda. Kontingen Lampung akan memperkenalkan tarian asal Lampung Timur yakni Tari Melinting.

Kontingen Pelantara akan keliling ke sejumlah wilayah di Indonesia menggunakan Kapal Perang Dewa Ruci. Kegiatan ini berlangsung sekitar sebulan mulai pada 1 September 2019 dengan rute mulai dari Tanjungpriok, Jakarta, menuju Bengkulu, Pulau Nias, Sabang, dan kembali Tanjungpriok.

"Rencananya, kapal Dewa Ruci akan sandar di Lampung pada 16 September," ujarnya.
(red).



Terpopuler