{{ message }}

Dosen Teknokrat Fasilitasi Guru SDN 4 Mesuji Timur Menulis di Jurnal

Selasa, 6 Agustus 2019 - 05:05:30 AM | 169 | Pendidikan

Dosen Teknokrat Fasilitasi Guru SDN 4 Mesuji Timur Menulis di Jurnal
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SDN 4 Mesuji Timur. Foto. Bed.

INILAMPUNG.com - Guru merupakan unsur penting dalam pelaksanaan pendidikan. Berhasil tidaknya pelaksanaan pendidikan tergantung pada kinerja guru. Oleh karena itu, guru harus terus menerus meningkatkan kapasitasnya sebagai pengajar agar lebih berkualitas dan profesional.

Hal itu yang mendasari sejumlah dosen dari Universitas Teknokrat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas guru, terutama di daerah. Kegiatan tersebut diwujudkan melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertajuk “Oemar Bakri Berrevolusi: Peningkatan Profesionalitas Guru SDN 4 Mesuji Timur Melalui Program T2KT”.

Kurang lebih selama satu tahun, tiga dosen UTI, yakni Lulud Oktaviani, dan Dyah Aminatun dari Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) serta Imam Ahmad dari Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) mendampingi guru-guru SDN 4 Mesuji Timur Lampung dengan harapan meningkatnya kapasitas guru.


Pada kunjungan kedua, 3-4 Agustus 2019 lalu, mereka melaksanakan kegiatan pelatihan membuat karya tulis ilmiah berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan pelatihan media pengajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kegiatan diikuti 24 guru.

Dalam kegiatan yang didanai Ristekdikti ini, para guru diminta menulis. Topik penulisan bersumber dari masalah-masalah yang ditemukan di kelas. Tulisan kemudian dikonsultasikan dan diterbitkan di jurnal.

“Sesuai dengan Konsep kegiatan ini yakni Temukan, Tulis, Konsultasikan, Terbitkan (T2KT). Melalui konsep tersebut kapasitas guru diharapkan makin meningkat terutama kompetensi menulis. Nanti kami pantau terus sampai pertemuan ke-8 atau pertemuan terakhir,” kata Ketua Pelaksana Lulud Oktaviani.

Ditambahkan Lulud, kegiatan pengabdian terdiri dari dua bidang ilmu yang berbeda, yakni bidang pendidikan dan TIK. Bidang pendidikan difasilitasi oleh dirinya dan Dyah Aminatun sementara untuk bidang TIK difasilitasi oleh Imam Ahmad.

“Dengan dua bidang tersebut guru diharapkan mampu mengoptimalkan kompetensi pendidikan melalui IT,” jelas dosen Pendidikan Bahasa Inggris tersebut.

Ratman, Kepala SDN 4 Mesuji Timur sangat mengapresiasi kegiatan pengabdian yang dilakukan dosen Teknokrat. Menurutnya pendampingan terhadap guru di daerah sangat dirasakan manfaatnya.

“Terima kasih kepada para dosen dari Universitas Teknokrat Indonesia. Kami sangat mengapresiasi kepedulian dosen, tak memandang jarak yang harus ditempuh dari Bandar Lampung. Semoga kompetensi guru makin meningkat sehingga dapat menunjang proses pendidikan menjadi lebih baik lagi,” tutur Ratman. (*/bed)



Terpopuler