{{ message }}

20 Desa di Pesibar Jadi Target Program Sanitasi Berbasis Masyarakat

Kamis, 29 Agustus 2019 - 09:43:59 AM | 287 | Sex & Kesehatan

20 Desa di Pesibar Jadi Target Program Sanitasi Berbasis Masyarakat
Sosialiasi program sanitasi berbasis masyarakat. Foto. Ina.

INILAMPUNG.COM, Krui--Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat menargetkan 20 pekon/desa pada tahun ini memiliki akses sumber air minum dan sanitasi yang layak serta tidak kumuh.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Persisir Barat Erlina kepada para peratin/kepala desa dan camat yang mengikuti sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

Sosialisasi program Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pesisir Barat itu berlangsung di Gedung Dharma Wanita, Krui, Kamis (29-8-2019).


Selanjutnya, Erlina menyebutkan,16 dari 20 pekon yang menjadi sasaran pelaksanaan program tersebut, menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), sisanya empat pekon pembiayaannya dari APBD.

"Tahun depan, Pesisir Barat akan mengusulkan 20 pekon lagi kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR)," katanya.

Menurut Erlina, program ini bertujuan mewujudkan universal access yakni pencapaian akses 100 persen air minum layak, 0 persen hunian kumuh dan 100 persen sanitasi layak.

Hingga akhir 2019, desa yang menjadi target program, memiliki akses sumber air minum aman dan fasilitas sanitasi layak serta memiliki kawasan permukiman dan rumah yang tidak kumuh.

Sosialisasi tersebut dihadiri Kepala Bappeda, Zukri Amin, dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Lampung, Taslim. (ina).



Terpopuler