{{ message }}

Selisih Suara, KPU Lampung Timur Bakal Disidang DKPP

Selasa, 2 Juli 2019 - 12:42:46 PM | 164 | Pileg

Selisih Suara, KPU Lampung Timur Bakal Disidang DKPP
DR. Nanang Trenggono (dok.inilampung.com)


INILAMPUNG.Com -- Pemilu telah usai, tetapi KPU Lampung Timur tampaknya masih meninggalkan masalah.

Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono membenarkan hal tersebut. Menurut Nanang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung dan KPU Lampung Timur (Lamtim) kini sedang bersiap menghadapi sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP).

Sidang diagendakan pada Kamis, 4 Juli 2019, mengurai hasil pleno penghitungan suara Pemilu 2019 di Kecamatan Batanghari Nuban, Lampung Timur yang sempat disoal.


Dugaan kasus perselisihan suara itu tercatat perkara nomor: 118-PKE-DKPP/VI/2019.

Nanang menyatakan seluruh komisioner KPU setempat siap memenuhi panggilan sidang tersebut.
“Tujuh komisioner KPU Lampung akan hadir untuk memberikan penjelasan dan klarifikasi dengan jujur,” jelasnya.

Sebelumnya, KPU Lampung merekomendasikan agar penghitungan suara di Kecamatan Batanghari Nuban, Lamtim diulang. DIkecamatan itu, terjadi perselisihan suara partai politik. Ada tiga kecamatan di Lamtim yang penghitungan suaranya diduga bermasalah.

Di Kecamatan Raman Utara dan Batanghari Nuban terkait penghitungan suara DPRD kabupaten. Kemudian di Labuhanmaringgai terkait penghitungan suara DPRD provinsi.

Dalam proses pleno sempat ada persoalan, salah satunya DPRD provinsi di Labuhanmaringgai. Karena itulah Bawaslu meminta 5 TPS dihitung C1 hologram dan ada satu yang dihitung ulang C1 plano.

Sedangkan di Kecamatan Batanghari Nuban, Bawaslu merekomendasikan untuk menghitung DAA1 yang ada di PPK. Kemudian dicocokkan dengan DA1 hasil pleno di kecamatan. (*)




BERITA LAINNYA

Terpopuler