{{ message }}

Pemprov Diminta Tingkatkan Pendapatan dari Pajak Motor

Rabu, 3 Juli 2019 - 07:14:44 AM | 275 | Politik

Pemprov Diminta Tingkatkan Pendapatan dari Pajak Motor
Chusnunia dan Arinal Djunaidi. Foto. Ist.

INILAMPUNG.com - Pemerintah Provinsi Lampung disarankan menggenjot pendapatan daerah melalui sektor pajak. Potensi itu antara lain dari bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

"Jika sektor ini dimaksimalkan, Pemprov Lampung mampu meraup pendapatan asli daerah (PAD) hingga Rp5 triliun," ujar Anggota Komisi III DPRD Lampung, Akhmadi Sumaryanto, Rabu (3-7-2019).

Wakil Ketua DPW PKS Lampung melihat, masih ada peluang meningkatkan pendapatan daerah melalui BBNKB dengan bukti masih banyak kendaraan bermotor yang tidak memiliki surat atau tidak membayar pajak.

Meskipun demikian, pemerintah harus aktif menyosialisasikan kewajiban tersebut agar masyarakat memenuhi kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotornya. Sosialisasi itu dapat dilakukan pemda bekerja sama dengan kepolisian.

Selain itu, pemerintah juga mempermudah mekanisme pembayaran pajak. Ketika masyarakat merasa dipersulit membayar pajak, misalnya, harus mengantre, kata dia, membuat masyarakat enggan memenuhi kewajibannya.

"Sederhanakan prosedur pembayaran pajak yang efisein dan cepat, seperti melalui transfer bank," katanya.

Selaiin meningkatkan penerimaan, Sumaryanto juga menyarankan kepada Pemprov Lampung agar menerapkan efisiensi anggaran. "Kegiatan yang tidak terlalu penting, ya ditunda atau memungkinkan dihilangkan. Karena saya mengira banyak kegiatan yang bisa diefisiensikan," kata dia.

Dengan kedua cara tersebut, dia optimistis Pemerintahan Arinal Djunaidi-Chusnunia dapat mewujudkan Lampung Berjaya, seperti janji kampanyenya. (red).




BERITA LAINNYA

Terpopuler