{{ message }}

Kawasan Register 19 Tahura Berubah Jadi Kebun Pisang

Senin, 29 Juli 2019 - 10:30:48 AM | 178 | Bisnis

Kawasan Register 19 Tahura Berubah Jadi Kebun Pisang
Tanaman pisang di Kawasan Hutan Register 19 Tahura. Foto. Zef.

INILAMPUNG.com - Sebagian lahan kawasan hutan Tahura yang masuk di wilayah Desa Wiyono, Kabupaten Pesawaran, kini berubah fungsi.

Hutan konservasi yang masuk wilayah Register 19 itu berubah menjadi kebun pisang, jagung, cabai dan singkong. Tanaman yang tertata rapi, jelas bukan tumbuh secara liar, melainkan sengaja dibudidayakan sejumlah warga.

Ulah sejumlah warga itu, membuat kawasan hutan yang seharusnya dipenuhi hijaunya tamanan tahunan, kini berubah seperti kawasan peladangan. Bahkan, di sejumlah tempat, tak lagi tampak seperti hutan.


Padahal wilayah ini memiliki potensi wisata yang sudah cukup dikenal bagi pencinta alam, seperti wisata camping Gunung Betung.

Setiap pekan puluhan pengunjung berlibur dengan berkemah di kawasan itu. Karena itu, seharusnya, tanaman hutan terjaga dengan baik.

Rangga, salah seorang wisata mengatakan tanaman di sepanjang jalur pendakian sudah tidak alami lagi. Pepohanan hutan seperti sonokeling sudah sangat jarang dan hanya tersisa pohon durian. "Malah dijalur menjelang lokasi air terjun, ada kebun pisang," ujarnya.

Sedang sisi dalam kawasan tersebut sudah ditanami kopi dan cokelat oleh sejumlah warga. (zef).

 



Terpopuler