{{ message }}

Gubernur Segera Lantik Zaiful Jadi Bupati Lampung Timur

Jum'at, 12 Juli 2019 - 04:22:42 AM | 261 | Politik

Gubernur Segera Lantik Zaiful Jadi Bupati Lampung Timur
Gubernur Arinal Djunaidi saat menyerahkan surat Plt Bupati Lamtim kepada Zaiful Bokhari. Foto. Ist.

INILAMPUNG.com--Zaiful Bokhari segera dilantik menjadi Bupati Lampung Timur (Lamtim), mengantikan Chusnunia atau Nunik yang kini menjadi Wakil Gubernur Lampung.

Chusnunia dan Zaiful sebelumnya merupakan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur periode 2016-2021.

Dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) Lamtim 2015, awalnya ada empat pasangan yang mendafar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Yaitu, Chusnunia dan Zaiful diusung Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Demokrat.


Kemudian, Erwin Arifin-Priyo Budi Utomo didukung PKS, PAN dan PDI-P. Yusron Amirulloh-Sudarsono didukung Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Gerinda, PPP dan Hanura. Serta satu pasang jalur perseorangan, Yulianto-Ahmad Roji.

Namun dalam pelaksanaan pilkada ini, tinggal tiga pasang. Calon wakil bupati pasangan petahana, Priyo Budi Utomo meninggal dunia. KPU kemudian menggugurkan pencalonan pasangan Erwin-Priyo.

Dari tiga pasang itu, dalam pilkada yang digelar pada 9 Desember 2015, pasangan Chusnunia-Zaiful meraih suara terbanyak dan terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur periode 2016-2021.

Nunik, perempuan pertama yang menjadi bupati di Lamtim, tidak menuntaskan kepemimpinannya. Baru sekitar setahun memimpin Lamtim, Nunik mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Lampung, berpasangan dengan Arinal Djunaidi.

Pasangan yang mengusng tagline Lampung Berjaya ini, berhasil mengalahkan pasangan Ridho-Bachtiar dan Herman-Sutono pada Pemilihan Gubernur 2018.

Pada Rabu, 12 Juni 2019, Arinal dan Nunik dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung di Istana Negara, Jakarta, oleh Presiden Joko Widodo.

Dua hari kemudian, pada 14 Juni 2019, Gubernur Arinal menerbitkan surat tugas kepada Zaiful Bokhori untuk menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Timur yang ditinggalkan Nunik.

Zaiful menjabat sebagai Plt Bupati Lamtim, tergolong singkat. Sekitar satu bulan kemudian, Zaiful ditetapkan sebagai bupati definitif Lamtim.

Kepala Bagian Otonomi Daerah Lampung Timur Syamsurijal mengungkapkan, surat keputusan (SK) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) soal pengangkatan Zaiful sebagai Bupati Lamtim sudah terbit.

Bahkan, kepada harianmomentum, Syamsurijal mengungkap informasi yang diterima dari Provinsi Lampung yang menyebutkan, Gubernur Arinal Djunaidi akan melantik Zaiful sebagai Bupati Lamtim pada Kamis, 18 Juli 2019. "Mudah-mudahan tidak ada perubahan," ujarnya.

Menurut Syamsurijal, pelantikan tersebut berdasarkan SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.18-2782 tahun 2019 tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Lampung Timur Chusnunia.

Disusul dengan SK Mendagri Nomor 131.18-2783 tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Bupati dan Pengesahan Pemberhentian Wakil Bupati Lampung Timur.

Syamsurijal juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur sudah menyiapkan acara penyambutan setelah pelantikan. (red).




BERITA LAINNYA

Terpopuler