{{ message }}

Bawaslu Pringsewu Temukan Tujuh Kasus Dugaan Pidana Pemilu

Sabtu, 6 Juli 2019 - 12:42:13 PM | 178 | Pileg

Bawaslu Pringsewu Temukan Tujuh Kasus Dugaan Pidana Pemilu
Bawaslu Kabupaten Pringsewu gelar Media Gathering. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.com - Pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) 2019 sudah usai. Namun, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pringsewu masih menangani 11 temuan dugaan pelanggaran pemilu. Terdiri atas tujuh dugaan pelanggaran pidana dan empat dugaan pelanggaran administrasi.

Hal itu diungkapkan Divisi Pengawasan Bawaslu Pringsewu Fajar Fakhlevi saat temu wartawan di Sekretariat Bawaslu, di Pringsewu Timur, Jumat (5/7/2019).

Hadir pada acara itu, Ketua Bawaslu Pringsewu Azis Amriwan dan anggota M.Fathul Ariffin, sejumlah pihak seperti perwakilan KPU Kabupaten Pringsewu, Kejari, Gakkumdu, kepolisian, terkait serta puluhan wartawan dari media cetak, elektronika dan online.


Fajar memaparkan, ketujuh dugaan pelanggaran pidana di antaranya, keikutsertaan ketua RT dan RW dalam kampanye caleg DPRD Kabupaten Pringsewu di Dapil 3 dari PAN.

Juga adanya dugaan pembagian bingkisan besek berisi kartu nama kalender oleh caleg pada kegiatan Walimatul Khitan di Pardasuka. Serta, dugaan kepala pekon (desa) yang melakukan tindakan dinilai menguntungkan peserta pemilu dalam kampanye.

Selanjutnya ada dugaan pelaksanaan tim kampanye dengan mengikut-sertakan aparat sipil negara (ASN), dugaan money politics di Pekon Pardasuka Timur dan Rantautijang, Kecamatan Pardasuka dan di Pekon Tulungagung, Kecamatan Gadingrejo.

Fajar Fakhlevi menambahkan, sedang untuk dugaan pelanggaran administrasi yakni dugaan pelanggaran administrasi pemilu tanpa STTP di Pekon Pardasuka Timur.

Dugaan pelanggaran administrasi tanpa STTP di Pekon Mataram dan Tegalsari, dugaan pelanggaran administrasi pemilu melanggar tata cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS 4 Pekon Sukaratu, Kecamatan Pagelaran.

"Kemudian dugaan administratif pemilu melanggar tatacara pemungutan dan penghitungan suara TPS 9 Pekon Patoman Kecamatan Pagelaran,"paparnya.

Dia mengatakan, tujuan diadakan media gathering ini agar publik mengetahui apa-apa saja yang telah dilakukan pihak Bawaslu dalam pengawasan dan penanganan pelanggaran pemilu 2019 beberapa waktu lalu.

Divisi Pengawasan Bawaslu Pringsewu ini juga menyampaikan mengenai progres kerja pengawasan Bawaslu kabupaten Pringsewu dimulai sejak penetapan DPT sampai pengawasan kampanye hingga pelaksanaan Pemilu 2019. (tyo).




BERITA LAINNYA

Terpopuler