{{ message }}

Cetak Hafidz, Aburizal Bangun Baitul Quran di Tulangbawang

Sabtu, 1 Juni 2019 - 05:43:25 AM | 369 | Pendidikan

Cetak Hafidz, Aburizal Bangun Baitul Quran di Tulangbawang
Aburizal Bakrie bersama Paguyuban Omega Jaya. Foto. Ist.

INILAMPUNG.com - Pengusaha nasional asal Lampung, Aburizal Bakrie membangun Yayasan Baitul Quran Al Bakrie di Tulangbawang untuk mendidik generasi Islam penghafal Alquran.

Lembaga pendidikan untuk mencetak penghafal Alquran (hafidz/hafizdah) itu diprakarsasi Paguyuban Orang Menggala Asli (Omega) Jaya di Perantauan.

"Saat ini sedang dibangun Baitul Qur'an Al Bakrie di Tulanbawang yang merupakan wadah pencetak penghafal Al Quran," ujar Aburizal saat berbuka puasa bersama Omega Jaya, Kamis (30-5-2019).

Menurut Aburizal, yang juga Dewan Penasehat Omega Jaya, lembaga yang didirikan itu, selain sumbangsihnya sebagai putra daerah, juga sebagai wadah Omega Jaya untuk mengabdi kepada masyarakat dalam bentuk penciptaan kader yang berdaya saing.

"Ya, nanti yang kelola Omega Jaya, bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di wilayah Tuba," kata mantan Ketua Umum Golkar ini.


Di tempat yang sama, Ketua Omega Jaya, Syah Amondaris menyampaikan terima kasih atas kepedulian ARB terhadap kemajuan paguyuban. Ke depan, pihaknya akan melakukan komunikasi dengan pemerintah daerah terkait penciptaan kader hafidz Alquran tersebut.

"Sesegera mungkin berkomunikasi dengan Pemda. Kami akan meminta sekolah dasar unggulan untuk merekomendasikan murid terbaiknya dapat dididik di Baitul Qur'an Al Bakrie. Tentunya dengan sistem jam tambahan belajar di Baitul Qur'an Al Bakrie," tuturnya.

Menurut dia, target lembaga ini, anak-anak lulusan sekolah dasar mampu menghafal 10 juz Alquran.

Pada bagian lain dia menjelaskan, Paguyuban Omega Jaya, selain sebagai wadah silaturrahmi, juga sebagai sumbangsih putra daerah dalam menciptakan generasi yang memiliki daya saing, tidak hanya di bidang keilmuan umum tapi juga di bidang agama.

Selain itu, paguban ini ke depan pihaknya akan mendirikan koperasi simpan pinjam yang profitnya untuk mendukung kegiatan yang dilakukan Omega Jaya. "Kita ingin ciptakan organisasi yang mandiri dan berkontribusi jelas dalam pembangunan daerah," katanya. (rls).



Terpopuler