{{ message }}

Didakwa Sengaja Bikin Onar, Ratna Sarumpaet Dituntut 6 Tahun

Selasa, 28 Mei 2019 - 03:58:59 AM | 299 | Hukum

Didakwa Sengaja Bikin Onar, Ratna Sarumpaet Dituntut 6 Tahun
Ratna Sarumpaet. Foto. Ist.

INILAMPUNG.com - Jaksa menuntut terdakwa kasus berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet hukuman enam tahun penjara dikurangi masa tahanan yang telah dijalani.

Tuntutan itu disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Daroe Tri Sadono dalam sidang tuntutan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (28-5-2019).

Menurut Jaksa, Ratna terbukti bersalah dalam menyiarkan berita bohong dan sengaja menerbitkan keonaran. Karena itu, Jaksa meminta Majelis Hakim PN Jakarta Selatan menjatuhkan vonis enam tahun penjara. "Terdakwa terbukti bersalah menyiarkan berita bohong dan sengaja menerbitkan keonaran," katanya.

Dalam tuntutannya, jaksa membacakan hal-hal yang memberatkan hukuman Ratna seperti sebagai sosok yang berusia lanjut, intelektual dan publik figur tetapi tidak berperilaku baik. Selain itu perbuatan Ratna membuat keresahan dan kegaduhan, serta berbelit-belit dalam memberikan keterangan.

Sedangkan hal yang meringankan adalah permintaan maaf yang dilakukan Ratna. Ratna sendiri sudah memberikan keterangannya sebagai terdakwa di persidangan.

Jaksa mendakwa Ratna dengan Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana karena dianggap telah menyebarkan berita bohong untuk membuat keonaran.

Dalam kasus ini, sejumlah tokoh dihadirkan sebagai saksi. Antara lain, Rocky Gerung, Amien Rais, dan Fahri Hamzah. (red).




BERITA LAINNYA

Terpopuler