{{ message }}

19 Bus Angkutan Umum di Pringsewu Tak Laik Jalan

Senin, 13 Mei 2019 - 11:07:49 AM | 201 |

19 Bus Angkutan Umum di Pringsewu Tak Laik Jalan
Polres Tanggamus dan pihak terkait lakukan pemeriksaan bus angkutan lebaran di Terminal Gadingrejo. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.com - Tim uji kelaikan kendaraan menemukan 19 bus angkutan lebaran trayek Rajabasa-Pringsewu dan Rajabasa-Kotaagung tidak laik jalan.

Hal itu diketahui saat dilakukan uji kalaikan kendaraan bus angkutan lebaran di Terminal Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Senin (13/5/19).

Kasat Lantas Polres Tanggamus AKP Dade Suhaeri mengatakan, dari 25 bus yang diperiksa, hanya enam unit yang laik jalan. Sisanya, 19 bus tidak memenuhi syarat untuk angkutan penumpang.

Ke-19 bus yang tidak laik jalan itu antara lain karena bannya gundul, lampu penunjuk arah mati, rem tangan tidak berfungsi, serta alat keselamatan di dalam bus yang tidak tersedia.

"Bus-bus itu akan dilakukan pemeriksaan ulang dan telah direkomendasikan agar segera melengkapi kendaraannya serta peralatan keselamatan sesuai aturan," ungkapnya.

Selain kondisi bus, tim juga memeriksa kesehatan pengemudi. Sejauh ini, kata dia, tidak ada masalah dengan kesehatan pengemudi.

Pemeriksaan kelayakan kendaraan angkutan umum dan pemeriksaan kesehatan pengemudi dilaksanakan dalam rangka Operasi Keselamatan Krakatau 2019 dan Persiapan Operasi Ketupat Krakatau 2019.

Dalam kegiatan tersebut, Polres Tanggamus menggandeng Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan itu dilakukan untuk menciptakan keamanan dan keselamatan penumpang. Sekaligus meningkatkan kedisiplinan sopir angkutan umum agar berkendara dengan baik, mematuhi peraturan dan rambu lalu-lintas.

"Diharapkan melalui kegiatan tersebut dapat mencegah terjadinya kecelakaan angkutan bus lebaran 2019," katanya. (tyo).



Terpopuler