{{ message }}

Istri Nyaleg, Wabup Paluta Siapkan 4.000 Amplop `Serangan Fajar`

Selasa, 16 April 2019 - 07:41:28 AM | 610 | Hukum

Istri Nyaleg, Wabup Paluta Siapkan 4.000 Amplop `Serangan Fajar`
Ilustrasi. Foto. Ist.

INILAMPUNG.com - Aparat Polres Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, pada Senin (15-4-2019) menangkap Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) Hariro Harahap bersama 13 tim suksesnya.

Polisi menduga, Hariro --juga Ketua DPD Gerindra Paluta-- bersama timsesnya itu telah menyiapkan sekitar 4.000 amplop berisi uang untuk serangan fajar saat Pemilu 2019.

Serangan fajar itu digunakan untuk memenangkan istrinya, Masdoripa Siregar, Calon Anggota DPRD Kabupaten Paluta dari Partai Gerindra Nomor Urut 3 Dapil I. Masdoripa

Kapolres Tapanuli Selatan, AKBP Irwa Zaini mengungkapkan, ada sekitar 4.000 amplop yang disiapkan untuk serangan fajar. Tiap amplop berisi uang tunai Rp200-Rp250 ribu. "Jadi diperkirakan hampir setengah miliar lebih," katanya, Senin (15-4-2019).

Kapolres menyebutkan penangkapan itu berawal saat polisi meringkus empat orang dari Toyota Kijang warna kuning dengan nomor polisi BK 1462 YG.

Keempat orang itu yakni Sabaruddin Harahap, Mual Harahap, Fakih Imam Muda Harahap dan Rizal. Keempatnya menerima amplop berisi uang, diketahui baru keluar dari rumah Masdoripa Siregar.

"Setelah diperiksa, di dalam mobil ditemukan sejumlah amplop berisi uang, kartu nama Ketua DPD Gerindra Padang Lawas Utara, Hariro Harahap, kartu Calon Legislatif Kabupaten Paluta dari Partai Gerindra, Nomor Urut 3 Dapil I atas nama Masdoripa Siregar," jelasnya.

Kemudian polisi mendatangi kediaman caleg yang ditemukan kartu namanya tersebut. Dari dalam rumah, petugas kembali mengamankan sembilan orang dan 118 amplop uang yang siap dibagikan.

Adapun sembilan orang tersebut yakni Fajar Harahap, Ali Asman Siregar, Sutan Kumala Siregar, Khairul Afandi Siregar, Harianto Harahap, Muhammad Rifai Harahap, Hasanuddin Simbolon, Irfan Harahap dan Maralaut Siregar.

"Petugas juga mengamankan amplop sebanyak 118 buah dengan isi dalam amplop uang bervariasi dengan besaran antara Rp150.000, Rp200 ribu hingga Rp300 ribu serta satu buah kartu nama Caleg DPRD Kabupaten Paluta Partai Gerindra nomor urut 3 Dapil I atas nama Masdoripa Siregar," paparnya.

Dari dalam rumah Wakil Bupati Padang Lawas Utara tersebut, juga ditemukan kwitansi dan daftar nama penerima amplop lengkap dengan NIK penerima serta penyalurnya. Jumlahnya sekitar 2.582 amplop.

"Dalam kwitansi itu ada nama penerima dan NIK serta nama penyalurnya. Jadi siapa yang akan dibagi sudah ada namanya. Total dari yang berhasil kita amankan dan sudah tersebar ke tim sukses sekitar 4.000 amplop," ungkapnya.

Saat ini, lanjutnya, kasus tersebut akan dilimpahkan ke Bawaslu Kabupaten Paluta. "Totalnya ada 14 orang yang diamankan. Nantinya mereka akan diserahkan ke Bawaslu Kabupaten Paluta untuk diproses secara hukum oleh Gakkumdu," kata dia. (cnnindonesiacom).




BERITA LAINNYA

Terpopuler