{{ message }}

Simulasi Pemilu 2019, Satu Orang Butuh Waktu Sekitar 7 Menit

Sabtu, 13 April 2019 - 08:50:41 AM | 207 | Pileg

Simulasi Pemilu 2019, Satu Orang Butuh Waktu Sekitar 7 Menit
Simulasi pencoblosan Pemilu 2019 KPU Kabupaten Pringsewu. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu menggelar simulasi proses pencoblosan pemilihan dan penghitungan suara Pemilu 2019.

Simulasi berlangsung di tempat pemungutan suara (TPS) di Pekon Margodadi, Kecamatan Ambarawa, Sabtu (13/4/2019). Dengan melakukan simulasi pencoblosan terhadap 174 suara.

Pada pemilu 2019, setiap pemilih harus mencoblos lima kartu suara. Yaitu, kertas suara presiden/wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.


Dengan lima kertas suara pilihan, dari simulasi itu diketahui, seorang pemilih membutuhkan waktu sekitar empat hingga tujuh menit untuk menyelesaikan pencoblosan di bilik TPS.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Pringsewu H.Fauzi, Ketua KPU A.Andoyo beserta komisioner dan jajaran PPK se-Kabupaten Pringsewu.

Pada simulasi dimulai pukul 07.00 Wib, diawali pengambilan sumpah 7 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Andoyo menjelaskan, sebelum pengambilan sumpah KPPS, bagi para saksi sebelum pembukaan acara terlebih dulu menyerahkan surat mandatnya.

"Untuk tempat duduk para saksi disiapkan sesuai dengan kebutuhan yang hadir. Maksimal disiapkan 40 kursi untuk saksi,"jelasnya.

Usai pengambilan sumpah KPPS, kemudian para pemilih yang terlebih dulu menyerahkan formulir C 6 dapat mengisi absen sambil menunggu dipanggil. Lalu diberikan surat suara sesuai dengan haknya untuk melakukan pencoblosan.

"Maka di prediksi per mata pilih menggunakan haknya pada pencoblosan sekitar 4 hingha 7 menit untuk lima surat suara,"terang Andoyo.

Dia meminta kepada petugas KPPS dan Linmas wajib menggunakan indentitas yang dikalungkan termasuk para saksi.

Menurutnya, lokasi TPS minimal berukuran 6 x 12 meter atau 8 x 10 meter, tinggal menyesuaikan kondisi ruang yang ada. Nanti ada empat bilik suara dan lima kotak memasukan suara sesuai dengan warnanya.

Ketua KPU Pringsewu menambahkan, nanti pada surat suara ada lima masing-masing berwarna abu-abu untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden ukuran 21 x 31 cm, warna merah untuk Pemilihan DPD RI ukuran kertas 45 x55 cm, warna Kuning untuk Pemilihan DPR RI ukuran kertas 51 x 82 cm.

"Lalu warna biru untuk pemilihan DPRD Provinsi ukuran 51 x 82 cm dan warna Hijau untuk pemilihan DPRD Kabupaten/Kota ukuran 51 x 82 cm," imbuh Andoyo. (tyo).




BERITA LAINNYA

Terpopuler