{{ message }}

Pelajar SMPN 4 Pringsewu Jualan Aneka Makanan dan Minuman

Rabu, 6 Maret 2019 - 02:01:51 AM | 387 | Pendidikan

Pelajar SMPN 4 Pringsewu Jualan Aneka Makanan dan Minuman
Heri Iswahyudi meninjau stand Market Day di SMPN 4 Pringsewu. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.com - Untuk yang kedua, pelajar SMP Negeri 4 Kecamatan Pringsewu menggelar pasar pagi sehari yang disebut dengan "market day", Rabu, 6 Maret 2019.

Kegiatan itu berlangsung di lingkungan sekolah setempat mulai pukul 07.30 hingga 09.30 WIB. Tersedia 30 lapak dagangan yang berjejer di depan kelas.

Aneka makanan dan minuman jajanan tradisional, beragam kerajinan dan penyediaan pupuk kompos. Seluruhnya produk yang dijual merupakan karya pelajar setempat. Kegiatan ini, dimeriahkan aneka kreativitas seni dan budaya yang ditampilkan para pelajar SMPN 4, seperti Band Si Kembar Zaka-Zakin.


Sedang pembelinya, selain pelajar setempat juga utusan pelajar SMP dan SD di Kecamatan Pringsewu, warga di sekitar kampus dan wali murid.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Heri Iswahyudi dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Pringsewu Ruslan Suganda, dan Ketua Komite SMPN 4 Suyatno hadir pada kegiatan itu.

Kepala SMPN 4 Pringsewu Rahmanto mengatakan "market day" pertama pada November 2018. Agneda ini dinilai positif. Terlihat antusias pelajar maupun pembeli yang hadir pada kegiatan ini.

Menurut Rahmanto program ini merupakan salah satu pembelajaran ilmu nonakademik yakni menerapkan pendidikan edukatif dalam kecakapan hidup dan literasi keuangan pelajar. Yakni bagaimana metode cara berjualan yang baik, membukukan dan menganalisis dagangan laku dan tidak laku. Namun yang lebih penting adalah pembelajaran betapa sulitnya memperoleh uang.

Heri Iswahyudi usai membuka kegiatan itu, meninjau lapak dagangan para siswa. Dia bangga dengan kegiatan ini dan berharap digelar rutin dan dikembangkan lagi. "Saya juga berharap "market day" ini bisa diikuti sekolah lain," harapnya.

"Market day" menjadi sarana bagi para pelajar berinovasi dalam berbisnis dan berwirausaha. "Kegiatan yang positif ini menjadi bekal dan pengalaman para pelajar yang bermanfaat bagi masa depan mereka kelak," harap Heri. (tyo).



Terpopuler