{{ message }}

Indeks Pembangunan Manusia di Lampung Jadi Sorotan Caleg

Sabtu, 16 Maret 2019 - 02:38:53 AM | 312 | Pendidikan

Indeks Pembangunan Manusia di Lampung Jadi Sorotan Caleg
Ngobrol Bareng Caleg di Unila. Foto. Ist.

INILAMPUNG.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) U Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Lampung (Unila) Ngobrol Bareng Caleg di Gedung Fisip Unila, Sabtu (16/3/2019).

Kegiatan ini menghadirkan calon legislatif (caleg) dari beberapa partai politik (parpol). Yaitu, Taufik Basari dari Nasdem, Erwin Eka Kurniawan (Golkar), Detti Febrina (PKS), Edi Agus Yanto (PAN), dan Muhammad Kadafi dari PKB.

Tema yang disorot para caleg dalam kegiatan ini adalah tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Provinsi Lampung yang saat ini dinilai rendah. Pembahasan IPM tentu tidak dapat dilepaskan dari peran masyarakat, khususnya generasi milenial.


Data Badan Pusat Statistik pada 2016, menyatakan IPM Lampung mencapai 67,65. Angka ini meningkat 0,70 poin dibandingkan dengan IPM Lampung pada 2015 yang sebesar 66,95.

Para caleg menyampaikan gagasan terkait IPM. Mereka menyampaikan pemikiran dari latar belakang berbeda. Gagasan pengembangan lapangan kerja bagi masyarakat Lampung ditawarkan baik dari segi, sosial budaya dan ekonomi.

“Lampung merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi wisata yang saat ini belum dikembangkan secara maksimal," kata Taufik Basari. Pengembangan pariwisata denan maksimal akan mendorong peningkatan IPM di Provinsi Lampung.

Sementara Edi Agus Yanto berharap para caleg yang kelak terpilih dapat bergerak bersama masyarakat meningkatkan IPM di Lampung. Dengan memahami karakter dan permasalahan masyarakat, akan menghadilkan kebijakan yang menyelesaikan permasalahan rakyat.

Edi menyarankan, diskusi semacam ini hendaknya diperluas cakupannya. Tidak sebatas kampus, melainkan hingga desa/kecamatan dengan mengundang aparatur setempat. Dengan demikian akan dihasilkan program yang sesuai dengan kebutuhan bagi peningkatan IPM masyarakat. (rls).



Terpopuler