{{ message }}

90 Pasang Suami Istri di Pringsewu Ikut Sidang Itsbat Nikah

Kamis, 14 Maret 2019 - 05:40:18 AM | 130 |

90 Pasang Suami Istri di Pringsewu Ikut Sidang Itsbat Nikah
Sidang itsbat nikah terpadu tahap ke-2 di Kabupaten Pringsewu. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.com - Pemerintah Kabupaten Pringsewu bekerja sama dengan Kementrian Agama (Kemenag) Pringsewu pada 2019 ini kembali mengadakan Sidang Itsbat Nikah.

Pada tahap kedua, sidang diikuti 90 pasang suami istri. Mereka berasal dari tiga Kecamatan yakni Pagelaran, Pagelaran Utara dan Pringsewu. Sidang berlangsung di GSG Kecamatan Pagelaran, Kamis (14/3/2019).

Sidang isbat pertama digelar di Kecamatan Ambarawa pada Februari lalu. Tahap ketiga direncanakan 28 Maret mendatang untuk warga dari Kecamatan Sukoharjo, Banyumas dan Adiluih.

Wakil Bupati Pringsewu yang membuka sidang itsbat nikah itu mengatakan, sejatinya pasangan suami istri ini telah menikah, namun karena beberapa hal, mereka tidak atau belum memiliki buku nikah dan dicatat oleh negara.

"Maka melalui sidang itsbat nikah itu, para pasangan tersebut dapat berpuas diri karena tercatat oleh negara dan bakal memiliki buku nikah,"ujarnya

Wabup memaparkan, pernikahan adalah tali ikatan suci untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Untuk itu, ada persyaratan yang harus diperhatikan, yakni harus sah menurut agama dan tercatat sesuai ketentuan dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya, dengan ikatan perkawinan yang sah menurut hukum, diharapkan membawa ketenangan lahir dan batin."Sehingga menjadi keluarga yang syakinah, mawadah, dan warrahmah," harapnya. (tyo).




BERITA LAINNYA

Terpopuler