{{ message }}

SMP Negeri 2 Adiluwih Jadi Proyek Percontohan Sanitasi

Sabtu, 9 Februari 2019 - 09:11:43 AM | 865 | Pendidikan

SMP Negeri 2 Adiluwih Jadi Proyek Percontohan Sanitasi
Tim YKWS dan SNV tinjau lingkungan di SMPN 2 Adiluwih. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.com - Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) menjadikan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN 2) Kecamatan Adiliuih, Kabupaten Pringsewu sebagai proyek percontohan di bidang sanitasi.

YKWS melaksanakan kegiatan itu bekerja sama dengan Stichting Nederlandse Vrijwilligers (SNV) Netherland Development.

Pada Jumat, 8 Februari 2019, YKWS dan SNV melakukan monitoring dan evaluasi (monev) tentang pengembangan sanitasi sekolah di Kabupaten Pringsewu, di SMPN 2 Adiluwih di Pekon Waringinsari Timur.


Menurut Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati pada monev itu menghadirkan nara sumber dari Dinas Pendidikan Pringsewu (Subur Setiyo Widodo), Dinas Kesehatan (Nuryanto), Camat Adiluih Sutaryo dan dari pihak YKWS serta SNV.

Kegiatan itu bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Kabupaten Pringsewu, terutama di sekolah.

"Kami ingin mengetahui sejauh mana penerapan STBM di sekolah dan sekolah mana saja yang belum menerapkan progam ini," ujar Febrilia.

YKWS dan SNV mendukung tercapainya target universal askes bidang sanitasi dan air bersih di kabupaten Pringsewu.

Dalam kurun waktu satu tahun terakhir, YKWS bersama dengan Pemerintah Kabupaten Pringsewu telah mewujudkan target ODF kabupaten yang dideklasarikan pada Desember 2017," imbuh Febrilia.

Sementara itu Kepala SMPN 2 Adiluwih Subagyo mengaku siap jika sekolahnya ditunjuk sebagai proyek percontohan pengembangan sanitasi.

Sejak beberapa tahun lalu SMPN2 sudah menerapkan progam Indikator Sekolah Sehat dan Adiwiyata. Bahkan juga telah ditunjuk mengikuti lomba sekolah sehat pada 2020 mewakili Provinsi Lampung.

SMPN 2 berdiri sejak 1998 dan kini berakreditasi A. Tahun ajaran 2018-2019 mempunyai 597 siswa-siswi dan 49 guru. Berdiri di atas lahan seluas 1,9 hektare, dengan 20 ruang kelas, ruang guru, laboraturiun IPA, bahasa, komputer, lengkap dengan perpustakaan, UKS dan musola. (tyo).



Terpopuler