{{ message }}

Produk UKM dan IKM Didorong Penuhi SNI

Selasa, 26 Februari 2019 - 03:19:19 AM | 262 | Bisnis

Produk UKM dan IKM Didorong Penuhi SNI
Dwie Aroem Hadiatie. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.com - Usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) harus meningkatkan kualitas produknya agar bisa bersaing di tingkat nasional dan internasional. Antara lain dengan memenuhi Standar Nasional Indonesia (SI).

Demikian Anggota Komisi VI DPR RI dari Partai Golkar Dwie Aroem Hadiatie saat menghadiri Workshop Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan SNI di Pringsewu, Selasa 26/2/2019).

Kegiatan ini diikuti 100 peserta UKM dan IKM dari Kabupaten Tanggamus, Pesawaran dan Pringsewu. Dengan pemateri dari Badan Standardisai Nasional (BSN) Wahyu Purbowasito Setyo Waskito selaku Direktur Pengembangan Standar Agro, Kimia, Kesehatan dan Halal.


Menuerut Aroem, produk UKM dan IKM jika ingin go nasional dan internasional, banyak syaratnya, seperti harus memenuhi SNI. Karena itu, kegiatan ini menjadi kesempatan baik untuk memperoleh pengetahuan tentang pentingnya kualitas produk bestandar SNI.

”Kemudian ilmu yang didapatkan dari sini, agar bisa dibagikan dengan teman-teman UKM dan IKM lainnya," ujar politis Golkar asal Lampung ini.

Dia menodorong pelaku UKM dan IKM yang ada di Pringsewu, Pesawaran dan Tanggamus agar segera memproduksi produk yang sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Misalnya, di Pringsewu ada beberapa tempat pengelolaan makanan seperti tahu, kelanting yang bisa di support untuk menuju SNI.

"Tetapi kalau kita lihat, tempat mereka produksi belum memadai untuk golongan IKM yang bisa ber-SNI. Karena SNI salah satunya adalah higienis,” ujarnya

Kegiatan ini diharapkan bisa mendorong pelaku UKM dan IKM meningkatkan kulaitas produknya sehingga dapat meningkatkan daya saingnya. (tyo).



Terpopuler