{{ message }}

KPU Pringsewu Kumpulkan Anggota PPK dan PPS

Senin, 11 Februari 2019 - 05:02:27 AM | 1063 | Pileg

KPU Pringsewu Kumpulkan Anggota PPK dan PPS
H. Sofyan Akbar Budiman. Foto. Tyo.

INILAMPUNG.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu mengumpulkan seluruh anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) se-Pringsewu.

Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih KPU Pringsewu Sofyan Akbar Budiman mengatakan, pengumpulan 45 anggota PPK dan 262 PPS itu untuk melakukan rapat koordinasi (rakor) penyusunan daftar pemilih tambahan Pemilu 2019.

"Rakor ini berlangsung dua hari. Pelaksanaannya dibagi empat zona," ujar Sofyan mewakili Ketua KPU A. Andoyo.


Zona 1 meliputi Kecamatan Pringsewu dan Gadingrejo, Zona 2 Kecanatan Sukoharjo dan Adiluwih, zona 3 Kecamatan Pardasuka, Pagelaran dan Ambarawa dan zona 4 Kecamatan Pagelaran Utara dan Banyumas.

Peserta rakor, lima anggota PPK setiap kecamatan dan dua anggota PPS, disetiap pekon/kelurahan, jelas Sofyan di ruang kerjanya, Senin (11/2/2019).

Rakor ini untuk mendata pemilih Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Yakni pemilih yang sudah masuk DPT di suatu TPS namun karena kondisi tertentu ingin pindah ke TPS lain.

Misalnya, karena pemilih itu bertugas di tempat lain pada hari pemungutan, atau dirawat di rumah sakit, sedang menjalani perawatan di panti sosial/rehabilitasi, menjadi tahanan, tugas belajar, pindah domisili, terjadi bencana dan bekerja di luar domisilinya, jelasnya.

Mekanisme mengurus surat pindah memilih atau A5 dapat dilakukan di daerah asal maupun daerah tujuan dengan menghubungi PPS atau KPU Kabupaten setempat.

Sedang waktu penyusunan DPTb tahap pertama yakni penyusunan DPTb oleh PPS sampai 15 februari 2019. Kemudian rekapitulasi DPTb oleh PPK sampai dengan 17 Februari 2019 dan Rekapitulasi serta penetapan DPTb di KPU pada 18 februari 2019

Bagi yang ingin pindah tempat memilih, dapat menghubungi PPS atau KPU Kabupaten, kata Sofyan. (tyo).



Terpopuler