{{ message }}

Siswa di China Pakai Bando Pemantau Konsentrasi

Rabu, 16 Januari 2019 - 12:18:59 PM | 234 | Internasional

Siswa di China Pakai Bando Pemantau Konsentrasi

 

INILAMPUNG.COM - Bando yang memantau konsentrasi dengan membaca sinyal otak telah diuji coba pada ribuan anak sekolah di China. Perangkat itu segera dapat digunakan pada jutaan siswa di seluruh negara berpenduduk terbesar di dunia, menurut perusahaan teknologi AS yang merancang mereka.

BrainCo yang baru berdiri di Massachusetts mengatakan, bando bernama Focus 1 dapat membantu guru mengidentifikasi siswa yang membutuhkan bantuan tambahan. Namun, ahli saraf mempertanyakan efektivitas perangkat dan teknologinya bisa berdampak masalah privasi.

Ikat kepala menggunakan sensor electroencephalography (EEG) dapat mendeteksi aktivitas otak ketika pemakai terlibat dalam suatu tugas.

Perangkat itu dipakai 10.000 anak sekolah berusia antara 10 dan 17 tahun selama percobaan baru-baru ini di China, menurut New Scientist, dikutip Rabu (16/1/2019).

Guru memantau perhatian siswa menggunakan aplikasi yang menerima informasi dari ikat kepala. Lampu di bagian depan perangkat juga menunjukkan warna berbeda untuk berbagai tingkat konsentrasi, menandai jika siswa tidak memperhatikan.

Siswa juga memainkan permainan smartphone yang bertujuan meningkatkan konsentrasi mereka selama 25 menit di rumah tiap hari.

Pendiri dan kepala eksekutif BrainCo Bicheng Han mengatakan, uji coba menyebabkan peningkatan nilai di antara para peserta, yang juga perlu menghabiskan lebih sedikit waktu untuk pekerjaan rumah.

Perusahaan telah menandatangani kesepakatan untuk menyediakan 20.000 bando kepada distributor China. (aja/inilampung.com)




BERITA LAINNYA

Terpopuler