{{ message }}

Raja Malaysia Mundur Tanpa Alasan Jelas

Senin, 7 Januari 2019 - 03:43:59 AM | 287 | Internasional

Raja Malaysia Mundur Tanpa Alasan Jelas
Raja Malaysia Sultan Muhammad V

INILAMPUNG.COM - Raja Malaysia Sultan Muhammad V turun tahta melalu pengumuman istana negara itu Minggu (6/1/2019). Pengumuman dikeluarkan setelah seminggu berspekulasi status raja yang cuti dua bulan.

Perkembangan dramatis karena istana tidak memberikan alasan resmi, kemungkinan akan mengejutkan warga yang sebagian besar memuja penguasa turun-temurun negara itu dan tidak terbiasa pergolakan modern di negara bersistem monarki.

"Yang Mulia secara resmi menyampaikan ini (keputusan turun tahta) kepada para penguasa Melayu melalui surat dikeluarkan kepada sekretaris Konferensi Para Penguasa," kata sebuah pernyataan dikeluarkan istana, dikutip Senin (7/1/2019).

"Raja selama masa jabatannya bekerja untuk memenuhi tanggung jawabnya dan kepercayaan yang diberikan kepadanya sebagai Kepala Negara, bekerja untuk menjadi jangkar stabilitas, sumber keadilan, inti persatuan dan pelindung persatuan di antara rakyat."

Dalam pernyataan itu, sultan menyampaikan terima kasih kepada penguasa Melayu lainnya yang memilihnya sebagai Yang di Pertuan Agong pada Desember 2016, dan kepada Perdana Menteri dan pemerintah yang bekerja sama dalam mengawasi negara.

Conference of Rulers adalah pertemuan sembilan sultan Melayu Malaysia dan kepala negara sipil lainnya.

Malaysia adalah monarki konstitusional di mana berbagai penguasa dan gubernur melakukan peran mirip ratu Inggris. Agong atau "raja segala raja" ditunjuk bertugas selama lima tahun dan berganti bersama para sultan lainnya melalui Conference of Rulers.

Muhammad V, penguasa negara bagian Kelantan, diangkat menjadi raja negara pada tahun 2016.

Ia berusia 49 tahun, berpendidikan Oxford, mengambil cuti dua bulan pada bulan November 2018 dan dijadwalkan kembali pada 1 Januari 2019. Tapi, pertanyaan muncul minggu lalu apakah ia akan kembali lagi.

Pada konferensi pers hari Jumat, Perdana Menteri Mahathir Mohamad mengatakan tidak tahu status raja, meskipun dia sudah mendengar desas-desus itu. (aja/inilampung.com)

 

 




BERITA LAINNYA

Terpopuler