{{ message }}

Menag Ajak Jajaran Kemenag Jadi Teladan Kesederhanaan

Jum'at, 4 Januari 2019 - 01:52:57 AM | 181 | Pendidikan

Menag Ajak Jajaran Kemenag Jadi Teladan Kesederhanaan
Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Moh Mukri. Foto. Ist.

INILAMPUNG.com - Seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama harus menjadi teladan dalam kesederhanaan, kejujuran, dan keikhlasan memberikan amal bakti bagi segenap warga negara. Juga, menjadi perangkai, penjalin, dan perajut kebangsaan yang beragam.

Demikian Menteri Agama RI Lukman Hakim dalam sambutan tertulis yang dibacakan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung Prof. Moh Mukri saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-73 Kemenag di halaman Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Kamis (3/1/2019).

Selain itu, Menag juga mengajak seluruh jajaran Kemenag untuk senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas semua kelompok dan golongan kepentingan.


Semua elemen bangsa harus ikut menjaga kebersamaan, keutuhan sesama anak bangsa dan menghindari segala ujaran, perilaku, dan sikap yang bisa menimbulkan luka bagi sesama saudara dan menjauhi sikap saling menebar kebencian, melempar fitnah keji, dan saling melukai hati antar sesama anak negeri.

Menag berpesan, agar enam sasaran program Kemenag harus tercermin dalam program kerja pusat dan daerah. Yaitu, pembinaan toleransi dan kerukunan antar-umat beragama, pengembangan moderasi beragama dan pembangunan akhlak bangsa yang perlu disuarakan lebih nyaring di ruang-ruang publik.

Toleransi beragama dapat dimaknai sebagai sikap “menghormati dan menghargai atas perbedaan yang ada pada pihak lain”.

Sementara moderasi beragama adalah upaya mewujudkan pemahaman dan pengamalan agama yang moderat, yang terhindar dari bentuk pemahaman dan praktek keagamaan yang berlebih-lebihan dan ekstrem tuturnya.

Pada kesempatan itu, diserahkan Penghargaan Lencana Karya satya kepada 69 ASN Kementerian Agama dengan masa bakti 10, 20 dan 30 tahun sebanyak 69 orang.

Turut hadir, Kakanwil Kemenag Lampung H. Suhaili, anggota Forkopimda Provinsi Lampung, pensiunan Kemenag Provinsi Lampung dan seluruh oejabat dan staf UIN Raden Intan Lampung, Kemenag Kota Bandarlampung dan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung. (rls/ilc-2/inilampung.com).



Terpopuler