{{ message }}

Kutub Magnet Planet Bumi Bergerak Makin Cepat

Jum'at, 11 Januari 2019 - 02:15:09 AM | 450 | Pendidikan

Kutub Magnet Planet Bumi Bergerak Makin Cepat
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Planet Bumi itu hidup. Jauh di bawah kulitnya ada darah kehidupannya berupa sungai-sungai dari besi cair disertai nadi di sekitar intinya. Zat besi yang bergerak inilah yang menghasilkan medan magnet menyebabkan aurora dan membuat kita tetap hidup. Tapi, menurut jurnal sains Nature, sesuatu aneh sedang terjadi jauh di bawah Bumi ini.

Menyebabkan Kutub Utara yang magnetis melompat-lompat dari Kanada, menuju Siberia. "Kutub magnet bergerak sangat cepat sehingga memaksa para ahli geomagnetisme dunia mengikutinya secara cepat," tulis Nature, dilansir Jumat (11/1/2019).

Pada 30 Januari 2019, World Magnetic Model, yang mengatur sistem navigasi modern akan diperbarui. Model ini komponen penting sistem mulai geoposisi yang digunakan untuk menavigasi kapal hingga pelacak dan peta ponsel cerdas.


Model saat ini diharapkan berlaku hingga tahun 2020. Tapi, kutub magnet mulai bergeser begitu cepat, dan disadari tahun 2018 model itu harus diperbaiki.

"Mereka menyadari sangat tidak akurat sehingga akan melampaui batas (aman) yang dapat diterima untuk kesalahan navigasi," lapor Nature.

Tiap tahun, ahli geofisika dari Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) dan British Geological Survey mengecek bagaimana medan magnet Bumi bervariasi. Diperlukan zat besi yang berputar di inti Bumi tidak bergerak secara konsisten.

"Pada 2016, misalnya, bagian medan magnet dipercepat sementara di bawah Amerika Selatan utara dan Samudra Pasifik timur," lapor Nature. Pergeseran ini ditangkap oleh satelit.

Pergerakan kutub magnet utara telah menjadi objek penelitian sejak tahun 1831. Awalnya dilacak bergerak ke Samudra Arktik dengan kecepatan sekitar 15 km tiap tahun. Sejak pertengahan 1990-an, kecepatannya meningkat. Sekarang bergeser dengan kecepatan sekitar 55 km per tahun. (aja/inilampung.com)

 



Terpopuler