{{ message }}

Kegemukan Sebabkan Otak Menyusut

Jum'at, 11 Januari 2019 - 02:03:55 AM | 167 | Sex & Kesehatan

Kegemukan Sebabkan Otak Menyusut
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Ada anggapan bahwa memiliki perut besar berarti otaknya kecil. Benarkah itu? Sebuah studi baru meneliti dugaan pinggang yang memicu otak menyusut. Mereka mengamati lebih dari 9.000 orang dan menemukan yang memiliki rasio indeks massa tubuh dan rasio pinggang-pinggul besar memiliki volume otak lebih rendah daripada yang lain.

Seperti dikutip dari Science Daily, Jumat (11/1/2019), studi para peneliti Loughborough University, Inggris, muncul dalam edisi online Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology. Subjek penelitian rata-rata berusia 55 tahun.

Namun, tidak semua berita buruk, bagi mereka yang memiliki badan ekstra tapi rasio pinggang ke pinggul rata-rata, masih mempertahankan ukuran otak mereka.


"Tidak jelas kelainan struktur otak menyebabkan obesitas atau obesitas menyebabkan perubahan di otak," kata peneliti Mark Hamer.

“Kami juga menemukan hubungan obesitas dan penyusutan di wilayah otak tertentu. Ini akan membutuhkan penelitian lebih lanjut tapi mungkin saja suatu hari mengukur BMI dan rasio pinggang-ke-pinggul dapat membantu menentukan kesehatan otak. "

Orang yang memiliki BMI lebih dari 30 diklasifikasikan sebagai obesitas.

Rasio pinggang-pinggul membandingkan lingkar pinggang dengan pinggul. Pada pria, obesitas ketika rasionya 0,90 atau lebih tinggi, dan pada wanita 0,85 atau lebih tinggi. (aja/inilampung.com)



Terpopuler