{{ message }}

Gerhana Matahari Parsial Akan Terlihat di Asia

Sabtu, 5 Januari 2019 - 11:23:35 AM | 244 | Seni & Budaya

Gerhana Matahari Parsial Akan Terlihat di Asia
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Gerhana matahari parsial akan terjadi pada minggu ini ketika bulan melewati antara Bumi dan matahari. Tapi, visibilitas tergantung tempat Anda tinggal dan cuaca dengan langit yang cerah.

Gerhana matahari parsial akan terlihat setelah matahari terbit di Asia, antara lain Cina, Korea Utara dan Selatan, Jepang, Rusia, dan di atas Samudra Pasifik Utara dan Kepulauan Aleut, termasuk sebagian kecil Alaska sebelum matahari terbenam.

Sky & Telescope dikutip Sabtu (5/1/2019) dari CNN, memerkirakan orang akan melihat 20% matahari tertutup dari Beijing, 30% dari Tokyo dan 37% dari Vladivostok, Rusia.


Karena waktu gerhana, orang di Amerika Serikat dan Eropa akan ketinggalan. Jika Anda berada di bagian dunia di mana dapat melihat sebagian gerhana, silakan melihat tapi jangan melihat matahari secara langsung.

Sekilas cahaya matahari tidak hanya tidak nyaman, juga berbahaya. Melihat langsung ke sinar matahari yang kuat dapat menyebabkan kerusakan retina, bagian mata yang peka terhadap cahaya.

Retina dapat menerjemahkan cahaya menjadi impuls listrik yang dimengerti oleh otak, tapi satu hal yang tidak dapat diterjemahkan ke otak Anda adalah rasa sakit. Jumlah paparan terkecil dapat menyebabkan penglihatan kabur atau kebutaan sementara. (aja/inilampung.com)



Terpopuler