{{ message }}

Galaksi Bima Sakti Diprediksi Tabrakan dengan Galaksi Lain

Rabu, 9 Januari 2019 - 08:07:04 AM | 540 | Pendidikan

Galaksi Bima Sakti Diprediksi Tabrakan dengan Galaksi Lain
Galaksi Bima Sakti

INILAMPUNG.COM - Meski bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan dalam waktu dekat, galaksi tempat planet kita berada, Bima Sakti, dikhawatirkan bertabrakan dengan galaksi terdekat (Awan Magellen Besar). Tabrakan kosmik spektakuler diprediksi terjadi 2 miliar tahun nanti.

Penduduk dunia di masa depan mungkin menemukan ini menarik, karena tabrakan itu mungkin membuat sistem tata surya kita "keluar dari Bima Sakti dan ke ruang antarbintang," kata pemimpin studi Marius Cautun dari Universitas Durham, Inggris, dikutip Rabu (9/1/2019).

Untungnya bagi keturunan kita atau makhluk apa pun yang masih hidup pada waktu itu, para peneliti mengatakan tidak mungkin peristiwa ini membahayakan nyawa yang ada di Bumi.


Peneliti lainnya, Carlos Frenk, dari Durham, mengatakan penghancuran Awan Magellan Besar, seperti dimangsa Bimasakti, akan mendatangkan malapetaka dengan galaksi kita. Ini akan mengubah Bima Sakti menjadi inti galaksi aktif atau quasar.

Peristiwa itu mungkin tampak jauh perkiraan kebanyakan orang, tapi tidak bagi para astronom. "Sementara dua miliar tahun adalah waktu sangat lama dibandingkan masa hidup manusia, itu waktu sangat singkat pada rentang waktu kosmik," kata Cautun dalam sebuah pernyataan.

Awan Magellan Besar adalah galaksi satelit paling terang dari Bima Sakti dan baru saja memasuki "lingkungan" sekitar 1,5 miliar tahun lalu, menurut penelitian. Sekitar 163.000 tahun cahaya dari Bima Sakti.

Tabrakan itu bisa terjadi jauh lebih awal dari dampak yang diperkirakan antara Bima Sakti dan galaksi tetangga lainnya, Andromeda, yang menurut para ilmuwan menghantam galaksi kita dalam waktu sekitar 8 miliar tahun.

Studi diterbitkan 4 Januari dalam jurnal peer-review Monthly Noticeices dari Royal Astronomical Society. (aja/inilampung.com)

 



Terpopuler