{{ message }}

Ditemukan Danau Misterius Terkubur di Bawah Es Antartika

Selasa, 1 Januari 2019 - 09:53:01 AM | 190 | Pendidikan

Ditemukan Danau Misterius Terkubur di Bawah Es Antartika
Es Antartika

INILAMPUNG.COM - Para ilmuwan di Antartika mendapat hadiah istimewa di akhir tahun 2018. Mereka menemukan danau misterius yang terkubur di bawah es setinggi lebih dari 1 kilometer. Perlu sekitar dua hari untuk pengeboran agar mencapai Danau Subglacial Mercer pada 26 Desember 2018.

Akses Ilmiah Danau Antartika Subglacial (SALSA) dalam posting blog mereka menjelaskan,
tim peneliti terdiri 45 ilmuwan, pengebor dan anggota staf lainnya bersama organisasi tersebut mengirim instrumen ke lubang bor pada hari berikutnya.

Berhasil menangkap cuplikan langka dari badan air yang dua kali ukuran kota Manhattan, menurut jurnal Nature, dikutip Selasa (1/1/2019). Mereka juga akan menurunkan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh ke dalam lubang untuk menangkap lebih banyak rekaman dan mengambil pengukuran lebih luas.


Kelompok ini berencana mempelajari kedalaman, suhu dan kebersihan danau selama beberapa hari ke depan.

"Kami tidak tahu apa yang akan kami temukan," John Priscu, kepala ilmuwan SALSA kepada situs berita lingkungan Earther, Senin. "Kami baru belajar, ini baru kedua kalinya hal ini dilakukan."

Tim SALSA terbang ke Danau Subglacial Mercer pada 19 Desember dan mulai melakukan pengeboran beberapa hari kemudian, pada 23 Desember.

Priscu berharap mendapatkan lebih banyak informasi kehidupan yang ada ribuan kaki di bawah es. Tapi, penelitian akan butuh bertahun-tahun untuk mempelajari semua sampel yang mereka kumpulkan.

Mercer Subglacial Lake pertama kali ditemukan melalui satelit lebih dari satu dekade lalu, menurut Nature. Dilaporkan sekitar 400 danau bersembunyi di bawah lapisan es Antartika. (aja/inilampung.com)

 



Terpopuler