{{ message }}

Perlu 200 Tahun Pria dan Wanita Sejajar dalam Ekonomi

Rabu, 19 Desember 2018 - 01:48:56 AM | 156 | Bisnis

Perlu 200 Tahun Pria dan Wanita Sejajar dalam Ekonomi
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Diperlukan waktu sekitar 200 tahun sebelum perempuan dan laki-laki di seluruh dunia memiliki kesetaraan ekonomi, menurut Laporan Kesenjangan Gender Global tahunan dirilis Selasa oleh World Economic Forum. Laporan menemukan kesenjangan peluang ekonomi berdasarkan pembayaran, partisipasi dan kemajuan tempat kerja.

Perempuan mendapatkan sekitar 20 persen lebih sedikit pendapatan daripada pria, menurut temuan Organisasi Buruh Internasional yang dikutip dalam laporan itu. Salah satu faktornya karena mereka kurang terwakili dalam posisi senior.

"Di tempat kerja, perempuan masih menghadapi kendala signifikan dalam mengambil peran resmi manajerial atau senior," tulis laporan itu, dilansir Rabu (19/12/2018).


Amerika Serikat menempati urutan ke-19 dari 149 negara pada paritas ekonomi antara perempuan dan laki-laki. Disusul Islandia, Norwegia, dan Finlandia. Negara teratas Jerman, Prancis, dan Denmark.

Negara-negara paritas ekonomi terbesar adalah negara-negara lebih kecil: Laos adalah nomor satu dan Barbados nomor dua.

Laporan juga mengukur kesenjangan gender di bidang lain termasuk kesehatan, pendidikan, dan politik. Menemukan tahun ini kesenjangan antara semua bidang sedikit tertutup.

Amerika Serikat secara keseluruhan peringkat ke-51 dalam kesetaraan jender. Islandia menduduki peringkat nomor 1 untuk tahun ke-10 berturut-turut, dan Yaman yang dilanda perang adalah yang terakhir. (aja/inilampung.com)

 



Terpopuler