{{ message }}

Pengurus SPBUN Pelatihan Kompetensi di LPP Yogyakarta

Kamis, 6 Desember 2018 - 04:25:00 AM | 148 | Bisnis

Pengurus SPBUN Pelatihan Kompetensi di LPP Yogyakarta
Pelatihan SPBUN di LPP Yogyakarta. Foto. Ist.

INILAMPUNG.COM - Pengurus Federasi Serikat Perkebunan Nusantara (FSPBUN) mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi, 5-7 Desember 2018.

Pelatihan ini diselenggarakan Holding PT Perkebunan Nusantara (PTPN) dan Federasi Serikat Perkebunan Nusantara (FSPBUN), bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Yogyakarta

Pada pembukaan pelatihan, Rabu (5/12/18), dihadiri Direktur LPP Gunawan Ciptadi dan Ketua Umum FSPBUN, Tuhu Bangun.


Peserta pelatihan berasal dari 25 SPBUN di lingkup PTPN group. Pada pelatihan ini diikuti 36 peserta dari sekitar 1.200 calon peserta. Sisanya, mengikuti pelatihan pada tahap berikutnya hingga 2019.

Dalam sambutannya, Tuhu Bangun mengharapkan pelatihan tidak hanya narasumber memberikan materi, tetapi berbagi pengetahun dan pengalaman sesama peserta.

Secara umum, pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi peserta menghadapi tantangan perusahaan. Di akhir pelatihan, peserta akan membuat pernyataan komitmen bersama memajukan perusahaan untuk kesejahteraan pekerja di lingkungan PTPN Group.

Sementara itu, Gunawan Ciptadi mengatakan, hal penting yang harus dicapai dari hasil pelatihan adalah penyamaan persepsi antara manajemen dan pengurus SPBUN dalam menghadapi tantangan bersama.

Ciptadi mengajak kepada seluruh peserta untuk bersyukur ditakdirkan berkiprah di dunia perkebunan, walaupun akhir-akhir ini menghadapi tantangan yang luar biasa.

Tantangan itu antara lain di bidang ketenagakerjaan (hubungan industrial), kesulitan keuangan PTPN akibat harga komoditas perkebunan yang terus terpuruk, produktivitas belum optimal, gangguan keamanan terhadap aset perusahaan, sengketa lahan, dan kompetensi SDM yang masih belum sepenuhnya memadai.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan menumbuhkan rasa memiliki terhadap perusahaan, sehingga pengurus SPBUN siap berkontribusi memajukan perusahaan.

Sementara pematerinya antara lain tentang Peningkatan Wawasan Kebangsaan disampaikan Bambang Widjojanto, mantan Wakil Ketua KPK RI. (rls).



Terpopuler