{{ message }}

Massa Reuni 212 Lebih Banyak dari Aksi Sebelumnya

Minggu, 2 Desember 2018 - 02:34:50 AM | 462 | Politik

Massa Reuni 212 Lebih Banyak dari Aksi Sebelumnya
Reiuni 212 pada Ahad 2 Desember 2018 di Lapangan Monas Jakarta. Foto. Ist.

INILAMPUNG.COM - Massa yang menghadiri Reuni 212 pada Ahad (2/12/2018) diperkirakan lebih banyak dibandingkan dengan aksi serupa pada 2016 dan 2017.

Hampir seluruh jalan protokol menuju ke tempat pusat kegiatan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, dipenuhi massa berpakaian putih yang mengumandangkan dzikir dan sholawat. Seperti Jalan Kramat Raya, Kwitang, Jalan Gunungsahari, dan Jalan Thamrin.

Pada aksi tahun sebelumnya, di sejumlah jalan utama itu menjadi tempat parkir kendaraan pengunjung. Namun, pada tahun ini, tidak lagi bisa digunakan parkir karena sudah lebih dulu dipenuhi massa.

Ketua Panitia Reuni 212 Ustaz Bernard Abdul Jabbar memperkirakan jumlah massa aksi reuni 212 pada 2018 ini dihadiri sekitar 8 juta orang.

”Hari ini jumlah umat yang datang lebih besar dari dua tahun lalu. Ada sekitar 8 juta orang," ujar Ustaz Bernard saat memberikan sambutan di panggung utama, Lapangan Silang Monas, Jakarta, Minggu (2/12/2018).

Ustaz Bernard mengaku tak asal klaim. Menurutnya, kepadatan peserta kali ini luar biasa. Sudah sampai Gunung Sahari, Jakarta Pusat dan wilayah lain sekitar Monas.

Sebelumnya, sejumlah pihak memperkirakan massa yang mengikuti reuni 212 tahun ini, lebih sedikit dari tahun sebelumnya. Polemik dan`ancaman` dari pihak yang tidak setuju dengan reuni 212, tak menyurutkan semangat massa untuk datang ke Monas.

Persiapan massa dari berbagai daerah seperti kota-kota di Jawa Barat dan hampir seluruh provinsi di Sumatera, pada aksi tahun lalu menarik perhatian media. Sebaliknya, pada tahun ini nyaris tidak ada media yang menyiarkan.

Namun, sejak Jumat, 30 November 2018, massa dari berbagai daerah mulai masuk Jakarta. Mereka datang menggunakan angkutan umum dan kendaraan pribadi. Lapangan Monas, Jalan Thamrin hingga Gedung Sarinah, Kwitang, Kramat Raya, Gunung Sahari, dari hampir seluruh jalan menunu Monas pun memutih oleh lautan manusia.

Kegiatan reuni 212, dimulai pada Ahad (2/12/18) pukul 03.0p WIB dengan solat tahajud bersama, dilanjutkan dengan shalat subuh berjamaah, melantunkan zikir dan sholawat.

Sejumlah tokoh yang menghadiri reuni 212 antara lain Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, dan sejumlah elit partai politik. (ilc-2/inilampung.com).




BERITA LAINNYA

Terpopuler