{{ message }}

Honduras, Negara Tak Pernah Sepi dari Kekerasan

Senin, 31 Desember 2018 - 09:23:33 AM | 214 | Internasional

Honduras, Negara Tak Pernah Sepi dari Kekerasan
Kota di Honduras

INILAMPUNG.COM - Ana Luz tampak muram saat saudara iparnya terbunuh. Orang-orang menyapu sisa-sisa darah tersisa, sedangkan jenazahnya yang penuh tembakan dan peluru diletakkan di luar rumahnya di pinggiran Tegucigalpa, Honduras.

Itu salah satu dari banyak adegan di Honduras, ribuan orang berusaha melarikan diri dari kekerasan dan kemiskinan dengan menjadi migran. Mereka berharap bisa selamat di perbatasan Meksiko-AS. Masalah di negara kecil Amerika Tengah ini menarik perhatian internasional ketika Presiden AS Donald Trump menindak imigrasi ilegal.

Honduras bertahun-tahun menjadi salah satu negara paling mematikan di dunia. Meski data resmi menunjukkan tingkat pembunuhan menurun tajam, tapi terus terjadi.

Menurut angka pemerintah Honduras, angka pembunuhan mencapai 86 per 100.000 orang pada tahun 2011-2012. Tahun ini, angkanya di bawah 40 per 100.000, kata kementerian keamanan.

Dibandingkan statistik terbaru di Amerika Serikat ada 5,3 pembunuhan per 100.000 pada tahun 2017, menurut laporan terbaru FBI di situs webnya. (aja/inilampung.com)




BERITA LAINNYA

Terpopuler