{{ message }}

AS Bakal Usir Dua Raksasa Telekomunikasi China

Kamis, 27 Desember 2018 - 02:42:01 AM | 772 | Bisnis

AS Bakal Usir Dua Raksasa Telekomunikasi China

 

INILAMPUNG.COM - Presiden AS Donald Trump sedang mempertimbangkan mengeluarkan perintah eksekutif di tahun 2019, menyatakan keadaan darurat nasional. Keputusannya akan menghalangi perusahaan-perusahaan negara itu menggunakan peralatan telekomunikasi yang dibuat Huawei dan ZTE China.

Ini akan menjadi langkah terbaru pemerintahan Trump memangkas Huawei Technologies Cos Ltd dan ZTE Corp, dua perusahaan peralatan jaringan terbesar China, keluar dari pasar AS.

Amerika Serikat menuduh kedua perusahaan itu bekerja atas perintah pemerintah Cina dan peralatan mereka dapat digunakan untuk memata-matai Amerika.


Dilansir dari Reuters, Kamis (27/12/2018), perintah eksekutif telah dipertimbangkan selama lebih delapan bulan, dapat dikeluarkan awal Januari 2019 dan mengarahkan Departemen Perdagangan memblokir perusahaan-perusahaan AS membeli peralatan dari pembuat telekomunikasi asing.

Perintah eksekutif akan meminta Undang-Undang Kekuatan Ekonomi Darurat Internasional, sebuah undang-undang memberi presiden wewenang mengatur perdagangan menanggapi keadaan darurat nasional yang mengancam Amerika Serikat.

Masalah ini memiliki urgensi baru karena operator nirkabel AS mencari mitra untuk mengadopsi jaringan nirkabel 5G.

Huawei dan ZTE belum mengeluarkan komentar. Keduanya di masa lalu membantah tuduhan produknya digunakan untuk memata-matai. (aja/inilampung.com)



Terpopuler