{{ message }}

Disdikbud Pringsewu Gelar Apresiasi Seni Pelajar

Minggu, 4 Nopember 2018 - 08:26:13 AM | 741 | Pendidikan

Disdikbud Pringsewu Gelar Apresiasi Seni Pelajar
Band "Si Kembar" SMPN4 Pringsewu memukau penonton. (tyo/inilampung.com).

INILAMPUNG.COM - Penampilan berbagai kesenian tradisional dan modern mewarnai pentas Apresiasi Seni Pelajar (ASP) SMP tahun 2018 yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pringsewu.

Pentas seni berlangsung di Pendopo Prongsewu pada Sabtu (3/11/18). Menampilkan kolaborasi seni pelajar SMPN 4 dan SMPN 5 Pringsewu.

Di antara pertunjukkan seni yang menarik perhatian adalah tampilnya grup band "Si-Kembar", Zaka-Zaki (gitaris dan basis) dari SMPN 4 Pringsewu, Nadif drumer dan penyanyi cilik andalan Alvito Restu, serta penyanyi kembar Elen dan Minar siswi kelas VII.


Alvito Restu menyanyikan tiga lagu sekaligus, Bangun Pemuda-Pemudi, Bendera dan Rumah Kita. Sedang si kembar Elen dan Minar menyanyikan lagu 'Syantik'.

Penampilan para penyayi pelajar SMPN 4 itu mendapat sambutan meriah. Para penonton bertepuk tangan bahkan ikut larut bernyanyi dan bergoyang.

Pertunjukkan lain, tari kreasi tradisional dipadu modern, tarian kuda kepang, pencak silat dan solo song. Juga penampilan dalang cilik Aril Miftahul Ulum, pelajar kelas VII SMPN 5 Pringsewu, yang pernah tampil di Taman Mini Indonesia Indah.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi mengapresiasi kreasi para pelajar SMP yang tampil dengan baik pada pertunjukkan ini.

Menurutnya, pendidikan harus diperkuat non akademik seperti kesenian dan olahraga. Pendidikan nonakademik juga mendukung para pelajar ke depan.

Para pelajar yang unggul dibidang nonakademik diminta mengembangkan kemampuan karena kelak akan bermanfaat. Karena itu, dia meminta para guru dapat memimbing mereka.

Sementara Ketua MKKS SMP Rahmanto menjelaskan, Apresiasi Pentas Seni pelajar SMP sudah berjalan sejak 2017 lalu. Kegiatan ini kembali dimulai pada Agustus 2018 di Pendopo Pringsewu. "Namun pentasnya bergantian, setiap Sabtu dimulai pukul 14.00 hingga 17.00," terangnya.

Program tersebut merupakan sarana bagi pelajar berani tampil di muka umum, melatih kepercayaan diri menampilkan ekspresinya. "Ini salah satu proses pembelajaran di luar kelas serta bertujuan menyalurkan bakat seni dan budaya," imbuh Rahmanto yang juga Kepsek SMPN 4 Pringsewu.

Darsono, panitia penyelenggara memaparkan, kegiatan ini diikuti oleh sekitar 35 SMP negeri dan swasta dari sembilan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu.

Mengingat waktu terbatas maka dalam sekali penampilan digabung dua hingga tiga sekolah. "Kami tinggal melaksanakan dua agenda lagi pada Sabtu tanggal 10 dan 17 November 2018," imbuh Darsono. (tyo/inilampung.com).



Terpopuler