{{ message }}

Tidak Semua Orang yang Berkata Bohong Bisa Dipidana

Sabtu, 6 Oktober 2018 - 10:22:15 AM | 721 | Opini

Tidak Semua Orang yang Berkata Bohong Bisa Dipidana
ilustrasi (hersubenoarif.com)

 Oleh : Zuli Hendriyanto 

BOHONG itu merupakan suatu pernyataan yang salah atau pernyataan yang tidak benar, yang dikatakan atau diucapkan seseorang kepada orang lain atau kepada publik.

zuli Herdriyanto

Pertanyaannya, apakah semua orang yang berkata bohong bisa dipidana ?

Saya bukan pakar hukum, tapi menurut pandangan saya, hampir semua orang di dunia ini pernah berkata bohong dalam hidupnya, maka tidak semua orang yang berkata bohong bisa dipidana.

Nah, terkait peramasalahan Ratna Sarumpaet (RS) yang sudah mengakui bahwa dirinya sudah berkata bohong, juga belum tentu bisa dipidana.

Ratna Sarumpaet bisa dipidana itu kalau sudah memenuhi unsur-unsur tindak pidana yang diatur dalam KUHP dan aturan hukum lainnya, contohnya terkait tindak pidana pada Pasal 378 dan 242 KUHP dan pasal lain sebagainya.

Meskipun bukan suatu tindak pidana, bukan berarti berkata bohong itu boleh dilakukan siapa saja. Berkata bohong itu tindakan tercela yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain, maka berusahalah berkata jujur, karena jujur merupakan kemuliaan dalam hidup.

*) Zuli Hendriyanto (fungsionaris Partai Golkar)

 

 

----------------------------

Tulisan Opini, merupakan tulisan lepas, berupa kritik, ide dan gagasan pembaca. 

  • Redaksi inilampung.com menerima kiriman informasi artikel, opini, kritik, saran dan sebagainya. Kirimkan ke e-mail   redinilampung@gmail.com  dan aliasbaim@gmail.com
  • Materi dan Isi menjadi tanggungjawab si penulis.





BERITA LAINNYA

Terpopuler