{{ message }}

Sujadi: Pers Harus Gamblang dan Berimbang

Senin, 8 Oktober 2018 - 11:37:55 AM | 207 | Pendidikan

Sujadi: Pers Harus Gamblang dan Berimbang
Pembukaan Konferkab IV PWI Kabupaten Pringsewu. (tyo/inilampung.com).

INILAMPUNG.COM - Bupati Pringsewu H. Sujadi mengharapkan pers terus berperan aktif dalam pembangunan melalui karya jutnalistik dengan mengedepankan kode etik dan UU Pokok Pers.

Wartawan yang tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pringsewu, selama ini menyajikan pemberitaan, baik melalui media cetak, eletronik dan online secara baik, berimbang dan dapat dipertanggung jawabkan.

"Boleh mengkritisi tetapi harus gamblang dan berimbang," kata Sujadi ketika membuka Konferensi IV PWI Kabupaten Pringsewu di Aula Kolam Renang Paris, Pringsewu, Senin, 8 Oktober 2018.


Dia meminta, beritakan baik jika itu baik. Namun jika ada kebijakan yang dinilai kurang tepat, maka siap dikritisi sebagai masukan. "Namun yang bersifat membangun dengan disertai solusinya," pintanya.

Bupati Pringsewu mengaku jika media di Pringsewu selama ini banyak membantu Pemkab Pringsewu dengan menyebar-luaskan informasi kepada masyarakat.

Sehingga Pringsewu bukan hanya di kenal di tingkat Provinsi ataupun nasional, melainkan hingga manca negara. Sudah beberapa kali Kabupaten Pringsewu kedatangan tamu dari berbagai negara lain. "Ini kebanggaan tersendiri dan hal itu tidak terlepas peran serta informasi dari rekan-rekan media," imbuhnya.

Sujadi mengharapkan jajaran PWI terus terjalin kemitraan dan tali silaturahmi lebih erat lagi, guna saling mendalami dan menyelami berbagai masukan maupun keinginan dari rekan media kususnya yang bertugas di wilyah Kabupaten Pringsewu ini.

Sebelumnya, Sekretaris PWI Provinsi Lampung Adi Kurniawan menuturkan, 12 kabupaten/kota PWI se-Lampung telah menyeleggarakan Konferkab dan telah dilantik secara serentak di Bandarlampung.

Adi menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pringsewu yang telah menghibahkan lahan untuk Sekretariat PWI Pringsewu. "Kini pembangunannya telah selesai 65 persen. Semoga pihak Pemkab Pringsewu terus membantu guna percepat pembangunannya," harapnya.

Gedung PWI Pringsewu jika selesai dibangun, selain sebagi tempat para wartawan PWI, juga bisa menjadi tempat Uji Kopetensi Wartawan (UKW). Apalagi, PWI Pringsewu belum pernah menjadi tuan rumah UKW.

Sedang Ketua PWI Pringsewu Budi Karyadi memaparkan, selama kepengurusannya telah bermitra dengan berbagai pihak khususnya Pemkab Pringsewu melalui penyajian berita yang profesional.

Semoga ke depan PWI Pringsewu, siapa pun pengurusnya, tetap bersinergi dengan Pemkab Pringsewu dan pihak lainnya. "Saya yakin jajaran PWI Pringsewu tetap memegang teguh dan mengedepankan kode etik jurnalistik dan UU Pokok Pers," ujar Budi Karyadi

Konferkab kali ini, menurut Ketua Panitia Konferkab lV PWI Pringsewu Wahyu Giri Wiladika, untuk memilih pengurus baru dan menyusun program kerja periode 2018-2021. Pengurus sebelumnya berakhir pada 13 Oktober 2018. (tyo/inilampung.com).



Terpopuler