{{ message }}

Suara Misterius Ruang Angkasa Sedikit Terungkap

Senin, 8 Oktober 2018 - 10:52:52 AM | 308 | Seni & Budaya

Suara Misterius Ruang Angkasa Sedikit Terungkap
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Para peneliti selama 25 tahun tidak bisa mendapatkan jawaban tentang suara misterius seperti suara radio dari luar angkasa. Suara hanya memudar kemudian hilang. Penyebabnya masih belum diketahui. Objek ini berjarak 284 juta tahun cahaya dari Bumi, terletak di galaksi kerdil yang masih berbentuk bintang.

Namun, peneliti University of California di Berkeley, asisten penelitian astronom Casey Law percaya emisi suara itu bisa jadi berasal dari ledakan cahaya dari ledakan bintang yang masif. Kemudian memancarkan ledakan sinar gamma jangka panjang tanpa terdeteksi.

"Ini dikenal semburan sinar gamma orphan," katanya, seperti dikutip dari Astrophysical Journal Letters, Senin (8/10/2018).


Semburan sinar gamma sangat jarang terlihat di alam semesta karena sumbernya, aliran material relativistik yang muncul dari penggabungan eksplosif, harus diarahkan langsung ke Bumi. Peluang itu terjadi dan dilihat oleh NASA Fermi Gamma-ray Space Telescope sekitar 1 persen.

Astronomi kini sedikit berlega karena misteri suara misterius luar angkasa mulai terkuak.
Ini dapat membantu mereka menemukan kejadian lain seperti ini. Juga membantu menemukan lebih banyak ledakan sinar gamma dan memahami apa yang terjadi ketika ledakan bintang masif terjadi dan apa yang tersisa setelah ledakan terjadi.

Ada 10 suara seperti radio lainnya ditemukan di bagian langit. Emisi radio pertama kali mencapai planet Bumi tahun 1992 atau 1993. Para peneliti menyimpulkan, dengan kecerahan puncak datang di tahun 1994. Akhirnya menjadi tidak terlihat tahun 2017. (aja/inilampung.com)



Terpopuler