{{ message }}

Sepak Bola Belgia Dilanda Skandal Korupsi

Kamis, 11 Oktober 2018 - 01:02:33 AM | 432 | Olahraga

Sepak Bola Belgia Dilanda Skandal Korupsi
Penggeledahan polisi di badan sepab bola Belgia (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Sebuah skandal korupsi besar-besaran melanda sepak bola Belgia ketika pihak berwenang mengadakan penggeledahan besar-besaran di negara itu dan di seluruh Eropa. Penyelidikan terkait penipuan keuangan dan pengaturan pertandingan.

Sebanyak 44 polisi diturunkan di Belgia pada hari Rabu (10/10/2018), dan 13 lainnya di Perancis, Luksemburg, Siprus, Montenegro, Serbia, dan Makedonia.

Menurut kantor jaksa federal Belgia, dikutip Kamis (11/10), penyelidikan akan dilakukan sepanjang tahun untuk menemukan bukti penyelewengan keuangan oleh agen olahraga dan indikasi pengaturan permainan selama musim 2017-2018. Investigasi peradilan menyangkut organisasi kriminal, pencucian uang dan korupsi pribadi.

Klub tiga besar Belgia, Anderlecht, Standard Liege, dan Brugge semuanya telah digeledah. Anderlecht mengklaim siap bekerja sama dengan pihak berwenang.

Juara bertahan Brugge, yang bermain di Liga Champions, mengatakan pelatih Kroasia mereka Ivan Leko juga diinterogasi. Mogi Bayatein, agen terkenal di Belgia dan mantan manajer Anderlecht juga diperiksa.

Penggerebekan dan penangkapan tak terduga telah mengguncang sepak bola Belgia, datang hanya tiga bulan setelah negara itu mencapai semifinal dan juara ketiga Piala Dunia 2018 Rusia.

Kantor kejaksaan mengatakan, anggota klub, agen, wasit, mantan pengacara, biro akuntansi, pelatih, wartawan, dan pihak lainnya juga sedang diselidiki.

Penggerebekan melibatkan 184 polisi, terjadi di hampir semua wilayah di Belgia. Sementara itu, 36 petugas polisi melakukan pencarian di negara-negara Eropa lainnya.

Beberapa agen diduga menyembunyikan komisi transfer, pembayaran pemain, dan pembayaran lainnya dari pihak berwenang Belgia. Juga indikasi pengaturan pertandingan selama musim 2017-2018. (aja/inilampung.com)




BERITA LAINNYA

Terpopuler